Robot NASA Akan Menjelajah Gunung di Mars

Robot NASA Akan Menjelajah Gunung di Mars

CALIFORNIA - Robot buatan badan antariksa asal Amerika Serikat, NASA Curiosity telah mendarat di Mars sejak Agustus tahun lalu. Setelah melakukan pengeboran pada batuan di planet merah beberapa waktu lalu, kini robot senilai USD2,6 miliar tersebut bakal menjelajah gunung di Mars.

Dilansir Spaceflightnow, Kamis (6/6/2013), sepuluh bulan Curiosity berada di Mars, robot tersebut pertama kali menginjak permukaan Mars di situs bernama Gale Crater. NASA mengungkapkan bahwa Curiosity akan memulai perjalanan baru ke gunung Mars yang dinamakan Mount Sharp.

Perjalanan tersebut akan ditempuh Curiosity sejauh 5 mil. Robot berpenggerak roda ini bertugas untuk meneliti apakah terdapat tanda-tanda kehidupan atau mikroorganisme di Mars. Sampai saat ini, Curiosity telah menempuh perjalanan di Mars hingga sejauh 2.400 kaki.

Untuk bisa mencapai lereng yang lebih rendah di Mount Sharp, Curiosity diestimasi akan memakan waktu 10 bulan hingga satu tahun. Perjalanan Curiosity ini akan dimulai beberapa pekan ke depan.

Ilmuwan NASA saat ini melakukan serangkaian pengamatan untuk mendalami medan atau daerah yang dikenal sebagai Glenelg. Glenelg merupakan tiga jenis medan yang memiliki karakteristik berbeda-beda.

Selain itu, ilmuwan NASA juga mempelajari foto-foto beresolusi tinggi yang ditangkap Odyssey and Mars Reconnaissance Orbiter NASA. “Sepanjang jalan, kami mungkin akan menghentikan Curiosity di beberapa lokasi untuk mengidentifikasi (area tersebut),” kata Jim Erickson, Curiosity Project Manager di Jet Propulsion Laboratory NASA. (fmh)