Tips Mencuci Legging Agar Lebih Awet Dan Tidak Melar

Siapa sih yang belum tau legging? Salah satu jenis celana ini hampir dimiliki oleh semua orang. Pasalnya, legging sangat nyaman digunakan dalam aktivitas apapun, mulai dari berolahraga, bermalas-malasan di rumah, hingga berpergian dengan atasan yang pas bisa tetep digunakan. Meski begitu, dalam mencuci legging ini menjadi sangat riskan karena mudah melar dan tidak nyaman lagi saat digunakan.

Agar legging tetap awet tanpa melar yuk ikuti beberapa tips mencucinya dari Gwen Whiting dan Lindsey Boyd, pendiri The Laundress, dan Val Oliveira, pendiri Val’s Services ini.

Jangan dicuci berlebihan

Gwen mengatakan bahwa sebaiknya legging tidak sering dicuci. Anda cukup mencucinya sesuai dengan penggunaanya saja. Misalnya, setelah berolahraga legging harus dicuci karena banyak menyerap keringat. Sementara, jika legging hanya digunakan untuk bermalas-malasan di rumah, Anda bisa mencuci legging setelah memakainya hingga 3-4 kali sebelum dicuci. Dengan begitu, legging akan bertahan sedikit lebih lama.

Lakukan tindakan pencegahan saat mencuci

Seperti yang dikatakan oleh Lindsey, mencuci legging dalam mesin cuci haruslah lebih lembut. Anda bisa menggunakan mode pemutaran yang halus untuk menghindari legging kusut dan tersangkut pada drum mesin. Sementara itu, untuk menjaga warnanya, Anda bisa membalikkan legging terlebih dahulu sebelum memasukannya ke mesin.

Hindari pelembut kain

Jangan menggunakan pelembut kain dalam mencuci legging, terutama yang terbuat dari bahan anti lembap seperti spandek. Hal ini dikarenakan pelembut kain merupakan kriptonit bagi legging sehingga dapat menurunkan efisiensi daya serapnya. Sebagai penggantinya, gunakan 1/4 cangkir cuka dan air dingin untuk merendam legging selama 30 menit sebelum dicuci. Hal ini efektif pula digunakan sebagai penghilang bau.

Jangan gunakan pengering

Pengering menggunakan pemanas yang tinggi untuk mengeringkan pakaian. Namun hal ini tidak cocok digunakan untuk jenis legging karena dapat melemahkan setiap helai seratnya dan berpotensi pada kerobekan. Untuk itu, Val menyarankan agar mengeringkan legging dengan udara dan meletakkannya secara mendatar. Hal ini penting karena agar legging tidak melengkung.

Angkat pilling dari legging

Biasanya, legging akan menimbulkan pilling di atas permukaan kain. Hal ini biasa terjadi saat kain legging sering mengalami gesekan. Sebelum dicuci, hilangkan terlebih dahulu pilling tersebut menggunakan sisi permbersih yang saat ini sudah banyak dijual di toko online maupun offline.