Rahasia Bunga Peony Yang Ternyata Menyimpan Banyak Manfaat Untuk Kulit

Rahasia Bunga Peony Yang Ternyata Menyimpan Banyak Manfaat Untuk Kulit

Informasi Terkini – Peony merupakan salah satu jenis bunga tertua yang sudah ada sejak 4.000 tahun lalu. Bunga dengan kelopak dan warna-warna pastel yang indah ini sering digunakan untuk dekorasi taman, kuil, rumah bangsawan, dan juga sering dipilih sebagai gambar favorit untuk bordir pakaian sutra oleh masyarakat Cina. Di balik keindahannya, bunga yang memiliki aroma lembut ini juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan hingga kecantikan, lho! Dalam dunia pengobatan Cina, bunga peony telah digunakan sejak dahulu kala, untuk mencegah kram perut saat menstruasi. Saat ini pun telah banyak produk-produk kecantikan yang memanfaatkan bunga peony sebagai kandungan di dalamnya. Lantas apa saja manfaat dari bunga yang dikenal tahan terhadap suhu dingin ini?

1. Kandungan yang ada dalam bunga peony

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang pada tahun 1982 silam, menyebutkan jika bunga peony memiliki manfaat anti-inflamasi yang tinggi dan juga sifat anti-bakteri. Selain itu, peony juga memiliki komposisi kimia kompleks, yang terdiri dari minyak atsiri, flavonoid, saponin, tanin, pati, asam organik, nikel, kalsium, dan juga resin.

2. Manfaat peony untuk kulit

– Meningkatkan skin tone

Bunga yang tumbuh dan tersebar dari dataran tinggi di Mediterania hingga ke Asia Timur ini mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai zat anti-oksidan yang berfungsi untuk menangkal dan melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat meningkatkan jumlah melanin pada sel kulit. Tak hanya itu, bunga peony juga bermafaat untuk membantu proses desquamation, yakni proses peluruhan sel kulit mati pada permukaan kulit sekaligus merangsang pembentukan sel-sel kulit baru, sehingga kulit pun akan menjadi lebih sehat dan nampak cerah.

– Menghambat proses penuaan dini

Selain flavonoid, bunga peony juga mengandung senyawa paeoniflorin aktif yang memiliki efek mirip seperti Vitamin E bagi kulit. Kelebihan ini jadi hal penting, mengingat Vitamin E dikenal memiliki sifat anti-oksidan yang baik untuk mencegah terjadinya proses penuaan dini pada kulit. Selain itu vitamin E juga berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit. Karena mengandung senyawa paeoniflorin yang memiliki manfaat serupa dengan vitamin E, ekstrak peony sering digunakan untuk membantu menghambat terjadinya kerutan pada kulit. Tak berhenti sampai di situ, ekstrak akar bunga peony juga dimanfaatkan dalam kandungan produk-produk kecantikan yang berfungsi untuk melembapkan kulit, seperti lotion salah satunya.

– Mengatasi iritasi kulit

Karena mengandung beberapa senyawa anti-inflamasi seperti, tanin dan saponin, maka bunga peony sering digunakan untuk mengatasi kulit yang sedang iritasi ataupun mengalami peradangan. Tak hanya itu, bunga peony juga mengandung senyawa anti-bakteri yang bisa membantu mengatasi masalah kulit kepala yang berketombe. Menggunakan ekstrak akar peony untuk ketombe juga bisa memberikan efek soothing pada kulit kepala.