Rahasia Tubuh Tetap Wangi Tanpa Parfum

1. Mandi teratur

Anda harus tetap mandi dengan teratur walaupun tidak beraktivitas yang berat dan berkeringat. Bakteri dan kotoran yang menumpuk di kulit bisa bercampur dengan keringat dan memicu bau tidak sedap. Dan lagi bakteri yang hidup di kulit cepat menyebar dan berkembang biak.

2. Pakai baju berbahan nyaman

Waktu suhu di sekitar tubuh mengalami peningkatan kulit akan memproduksi minyak dan juga keringat. Minyak dan keringat yang menempel pada pakaian itu bisa menimbulkan bau tak sedap. Dianjurkan untuk menggunakan pakaian dengan bahan ringan yang terbuat dari kain alami untuk membantu kulit Anda tetap bernapas. Dianjurkan pula memilih bahan sepertu katun, linen, atau wol ringan yang bersifat menyerap lembap dan membuat sirkulasi udara lebih lancar.

3. Rutin mencukur bulu ketiak

Mencukur bulu ketiak bisa menghindari penyerapan bau. Karena rambut yang lebat bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri yang cenderung menyebabkan bau tak sedap. Dan juga rambut yang lebat akan memperlambat proses penguapan sehingga tubuh menjadi lebih lembap.

4. Hati-hati dalam mengonsumsi makanan

Menurut aromatherapist asal Amerika Serikat, Juan Felipe, makanan yang kita konsumsi ternyata bisa mempengaruhi bau badan pada tubuh. Karena itu anda disarankan untuk menghindari makanan-makanan yang mengandung belerang, seperti kembang kol, kubis, dan brokoli.

"Selain itu, hindarilah mengkonsumsi makanan olahan dan biarkan tubuh tetap terhidrasi dengan rutin minum air putih. Cara ini bisa membantu meningkatkan aroma alami pada tubuh Anda,” kata Felipe kepada Byrdie.

5. Penggantian jadwal mandi

Cobalah mengganti jadwal mandi Anda, misalnya di pagi dan malam hari. Cara ini bisa membuat Anda tetap segar dan wangi di keesokan harinya.

"Setiap malam saya selalu mandi tepat sebelum tidur, sehingga saat bangun di pagi hari tubuh saya tetap segar dan wangi,” papar Felipe.