Rajin Makan Buah Dan Sayur, Tips Awet Muda Yang Sering Dipandang Sebelah Mata

Rajin Makan Buah Dan Sayur, Tips Awet Muda Yang Sering Dipandang Sebelah Mata

Informasi Terkini – Seiring waktu, bukan usia Anda yang bertambah tua. Tubuh Anda pun juga akan ikut menua dari luar dan dalam.

Berbagai fungsi organ tubuh akan mulai menurun secara alami karena faktor "Uā€, alias usia. Kulit tidak akan lagi memproduksi kolagen dan melanin sebanyak masa muda dulu. Semakin tua, massa otot juga akan terus menurun. Akibatnya, kulit Anda akan perlahan mengering, berkeriput, kendur, dan berwarna pucat kusam.

Sementara itu, faktor seperti paparan sinar matahari, polusi udara dan asap kendaraan bermotor, kebiasaan merokok, stres, masalah tidur, hingga pola makan dan rutinitas fisik ikut menyebabkan penuaan dari luar.

Meski begitu, efek penuaan dari macam-macam faktor luar tersebut bisa Anda lawan dengan membaca tips awet muda berikut.Buah dan sayuran adalah sumber makanan tinggi vitamin serta segudang antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Dua jenis vitamin yang paling berperan penting untuk kulit senantiasa awet muda adalah vitamin C dan vitamin E.

Di dalam tubuh, vitamin C membantu membentuk kolagen, protein khusus yang membuat kulit kenyal, kencang, dan lembap. Vitamin C juga telah terbukti dapat meningkatkan kerja kolagen untuk memperbaiki kerusakan kulit akibat penuaan dan paparan sinar UV matahari, seperti flek dan noda hitam, atau kerusakan yang terkait jerawat, misalnya bekas jerawat dan luka bopeng. Selain itu, vitamin yang identik dengan rasa asam segar ini juga terbukti ampuh mengurangi garis halus dan keriput di wajah berkat sifat antioksidannya yang melawan radikal bebas penyebab penuaan.

Peningkatan produksi kolagen berkat vitamin C juga dapat memperkuat pembuluh darah dan meningkatkan elastisitasnya. Struktur pembuluh darah yang kuat dan elastis akan membuat aliran darah makin lancar ke seluruh tubuh, termasuk juga kulit dan wajah. Semakin lancar peredaran darah Anda, semakin banyak oksigen dan nutrisi yang dikirim ke kulit. Hal ini membuat penampilan keseluruhan kulit Anda tampak sehat, muda, dan bercahaya.