Rambut Rontok? Atasi Dengan 2 Masker Rambut Alami Ini

Kerontokan merupakan siklus rambut yang normal terjadi setiap hari. Namun, umumnya kerontokan rambut terjadi tidak lebih dari 100 helai satu harinya. Bila sudah melebihi batas tersebut, mungkin saja kamu mengalami masalah kerontokan rambut yang berat.

Penyebab rambut rontok itu bisa dimulai dari hormon tubuh. Faktor eksternal, seperti polusi, keringat, dan ketombe juga menyebabkan masalah tersebut.

Memang ada perawatan di salon yang bisa digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut. Tapi, ada juga perawatan dengan bahan alami yang tentunya lebih hemat. Apa saja?

1. Kelapa

Sering ditemukan untuk memasak makanan yang berbau santan, ternyata kelapa bisa digunakan sebagai masker rambut untuk mengatasi kerontokan. Kelapa ini mengandung protein, lemak, dan mineral yang berkhasiat untuk menguatkan rambut serta membantunya tetap lembap dan halus.

Masker kelapa ini bisa dibuat dengan memeras daging kelapa untuk mendapatkan air santan. Atau, kamu bisa menggunakan santan instan yang sudah banyak dijual di dalam kemasan. Campurkan dengan sedikit air dan oleskan ke rambut dan kulit kepala secara merata.

Agar nutrisinya terserap dengan maksimal, biarkan masker rambut kelapa ini semalam dan tutup menggunakan shower cap. Esok harinya, segera bilas masker menggunakan air dingin dan gunakan secara perawatan dengan masker ini 1-2 kali dalam seminggu secara rutin.

2. Telur

Telur juga mengandung protein yang tentunya bermanfaat jika untuk mengatasi kerontokan rambut. Selain itu, telur juga mengandung sulfur, vitamin, dan mineral yang tentunya bermanfaat untuk menyehatkan rambut.

Siapkan telur secukupnya dan campurkan 1 sdt minyak zaitun. Kocok hingga adonan mengental. Lalu, oleskan ke rambut dan tutup dengan shower cap. Biarkan 15-20 menit. Jangan lupa untuk bilas hingga bersih dengan shampo agar bau amis menghilang.

Gunakan perawatan ini sekali dalam seminggu untuk membantu mengatasi kerontokan pada rambutmu.