Rendahnya Kebiasaan Sikat Gigi Rutin Di Masyarakat

Rendahnya Kebiasaan Sikat Gigi Rutin Di Masyarakat

Informasi Terkini – Saat ini, kebiasaan untuk menyikat gigi secara rutin di masyarakat sangatlah rendah bahkan jumlahnya pun masih di bawah rata-rata. Padahal, selalu menyikat gigi secara rutin merupakan awal dari menjaga kesehatan mulut dan gigi agar tak terkena penyakit. Hal ini diungkapkan oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI).
Melihat hal ini, drg R M Sri Hananto Seno yang merupakan pengurus PDGI mengungkapkan bahwa diperlukan edukasi untuk meningkatkan kebiasaan masyarakat akan menyikat gigi dan dampak buruknya bila tidak menyikat gigi secara rutin. Hal ini diadakan juga karena untuk memperingati bulan kesehatan gigi nasional 2018 yang jatuh pada tanggal 12 September.
Menyikat gigi secara rutin minimal dua kali sehari atau setelah makan dan sebelum tidur itu bisa mengurangi risiko terkena penyakit gigi dan mulut, seperti gigi berkarang, gigi berlubang atau karies, bau mulut, gus bernanah, gusi berdarah, bengkak, dan penyakit mulut dan gigi lainnya.
Dengan meningkatkan edukasi pada masyarakat untuk menyikat gigi secara rutin bisa menjadi solusi agar kebiasaan masyarakat untuk menyikat gigi secara rutin bisa terlaksanakan. Selain memberikan edukasi, pelayanan untuk cek kesehatan mulut dan gigi juga dilakukan agar bila ada masalah yang terjadi pada mulut dan gigi bisa segera teratasi.