Rutin Mencuci Wajah Sebelum Tidur, Ini Manfaatnya

Setelah beraktivitas selama seharian tentu membuat kita ingin segera berbaring dan tidur. Akibatnya, rutinitas menghapus make up dan mencuci wajah pun sering terlupakan. Padahal hal ini sangat penting karena kulit harus terbebas dari kotoran saat tidur. Jika tidak, Anda bisa mengalami beberapa masalah kulit yang nantinya susah dihilangkan.

Lalu, apa manfaatnya jika Anda rutin mencuci wajah sebelum tidur? Ini ulasannya.

1. Pori-pori bebas bernapas

Kotoran, make up, dan minyak akan terangkan ketika kita sudah membersihkan wajah. Hal ini akan membuat pori-pori kulit menjadi bersih dan bebas ‘bernapas’. Kalau tidak percaya, coba saja bandingkan ketika Anda memakai make up, pasti berat dan tidak nyaman kan? Nah, saat wajah bersih seperti ini Anda akan lebih nyenyak untuk tidur.

2. Kulit tidak kusam keesokan harinya

Make up yang dibawa tidur akan menyulitkan pori-pori untuk bernafas sehingga bangun tidur akan membuat kulit tampak kusam. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, masalah lain seperti iritasi, memerah, bahkan tanda penuaan dini mungkin akan cepat terjadi.

3. Menghindari jerawat

Kotoran yang tidak dibersihkan dari pori-pori wajah akan mengendap dan menumpuk sehingga memunculkan komedo. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan masalah jerawat dan sulit diatasi.

5. Regenerasi kulit lebih optimal

Ketika malah hari kulit akan mengalami pergantian sel baru atau yang disebut dengan regenerasi. Nah, regenerasi ini penting untuk membuat kulit selalu terlihat awet muda dan bebas masalah. Jika Anda tidur dalam keadaan yang kurang bersih, maka proses regenerasi pun akan terhambat dan tidak optimal. Tentunya Anda tidak ingin terjadi, kan?