Sahabat Sedang Berduka? Ini Berbagai Hal Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Menenangkannya

Sahabat Sedang Berduka? Ini Berbagai Hal Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Menenangkannya

Informasi Terkini – 1. Beda orang beda cara menghadapinya

Menurut Dan Reidenberg, editor eksekutif dari Suicide Awareness Voices of Education, setiap orang menunjukkan respon dan sikap yang berbeda-beda saat sedang berduka. Ada yang sangat terpukul tetapi kemudian segera mereda, tetapi ada juga orang yang merasakan kesedihan yang berlarut-larut hingga tak punya semangat dalam waktu yang cukup lama. Anda harus bersikap terbuka dalam menghadapi proses masing-masing orang dalam menjalani hari-hari setelah ditinggalkan oleh orang yang dikasihi. Dengan begitu Anda bisa bersikap dengan tepat, sesuai dengan karakter orang yang tengah Anda hadapi.

2. Tak perlu memaksa mereka berhenti menangis

Salah satu cara yang biasanya dilakukan untuk meluapkan kesedihan adalah dengan menangis. Dengan menangis, mereka akan meluapkan rasa sedih yang terkadang tak terucap melalui kata-kata. Saat kerabat atau sahabat dekat menangis karena sedang berduka, tak perlu meminta mereka berhenti. Menangis bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan kesedihan. Anda bisa berada di dekat mereka, mengusap punggug mereka dengan lembut dan ada saat mereka membutuhkan kehadiran Anda.

3. Hindari menyampaikan kata-kata klise

Saat ada orang lain yang berduka karena kehilangan orang terkasih, hal yang paling umum dilakukan adalah memberikan ucapan rasa berbelasungkawa. Namun, bila yang mengalaminya adalah kerabat atau sahabat dekat Anda, tentu saja ucapan dengan kata-kata klise seperti "Tak perlu lama-lama bersedih”, "Ayah, sudah berada di tempat terbaik”, "Semua ada hikmahnya” tentu saja tidaklah cukup. Bila Anda tidak mengetahui kalimat yang tepat untuk disampaikan, Anda bisa menyatakan rasa empati dengan mengatakan "Aku tidak bisa membayangkan betapa beratnya situasi yang sedang kamu hadapi” sambil menawarkan pelukan untuk menenangkan mereka.

4. Menemani mereka menjalani hari-hari

Ketika sedang berduka, orang akan memiliki kecenderungan untuk bisa lepas kontrol atau lepas kendali, baik dari sisi perasaan maupun dari emosinya. Tak hanya itu saja, orang yang sedang berduka bisa menjadi kehilangan semangat menjalani hari-hari bahkan tak memiliki nafsu makan. Sebagai kerabat atau sahabat dekat, Anda bisa membantu mereka sedikit demi sedikit melepas kesedihan dengan mengajak mereka melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat mereka terhibur dan tersenyum. Bila mereka enggan makan, Anda tidak perlu meminta mereka langsung makan terlalu banyak. Buatkan masakan spesial dalam porsi kecil, hal tersebut akan membuat mereka lebih mudah dibujuk untuk makan. Pada intinya, mereka yang sedang berduka membutuhkan orang lain yang peduli serta bisa menemani mereka menjalani hari dan mengumpulkan semangat untuk melanjutkan hidup.

5. Luangkan waktu untuk mendampingi mereka

Fase paling membahayakan bagi orang yang sedang berduka adalah ketika orang tersebut merasa ditinggalkan, kesepian dan tidak memiliki orang lain lagi dalam hidupnya. Pakar psikologi menyarankan bahwa mereka yang sedang berduka harus menerima dukungan supaya tidak merasa terabaikan dan memiliki semangat untuk hidup lagi. Perasaan kesepian bisa berujung pada depresi, bahkan yang paling berbahaya bisa membuat seseorang memiliki keinginan untuk bunuh diri. Untuk menghadapi kerabat atau sahabat yang sedang berduka, pastikan Anda hadir dan berada di samping mereka untuk memberikan dukungan agar mereka tidak merasa sendiri.