Sebelum Gunakan Masker Rambut, Ini 8 Hal Yang Harus Diperhatikan

Saat ini, tren rambut sangat beragam. Banyak yang mengikutinya hingga menerapkan pewarnaan, pelurusan atau pengeritingan rambut. Padahal, produk maupun alat yang digunakan ini dapat merusak kondisi rambut. Ditambah lagi dengan perawatan rambut yang kurang dimaksimalkan, hal ini rentan terhadap kerusakan rambut.

Tapi, jangan lagi khawatir. Tanpa pergi ke salon, perawatan rambut di rumah dapat membuat kondisi rambut kamu terjaga dengan baik. Perawatan ini menggunakan masker rambut yang diperkaya akan nutrisi dan vitamin sehingga mampu memberikan rambut yang sehat.

Namun, sebelum memulai masker rambut ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Sebelum mengaplikasikan masker rambut, cuci terlebih dahulu rambut dengan sampo dan bilas hingga bersih. Lewatkan kondisioner dulu ketika akan menggunakan masker rambut karena hal ini dapat membuat sel batang rambut tertutup. Dan, agar kandungan masker terserap dengan maksimal, pakai air hangat untuk membuka pori-pori kulit serta kutikula.

2. Setelah membilas sampo dari rambut, pastikan untuk menghilangkan air di rambut. Jangan membuatnya terlalu kering, usahakan rambut masih dalam keadaan lembap sebelum menggunakan masker rambut.

3. Saatnya mengaplikasikan masker rambut. Namun, sebaiknya gunakan jari agar olesan masker merata. Konsentrasikan dulu untuk mengoleskan masker ke bgian kulit kepala. Lalu, beri pijatan secara lembut agar tubuh lebih rileks dan peredaran darah lancar. Hal ini juga membantu penyerapan nutrisi masker lebih baik.

4. Setelah kulit kepala, lanjut mengoleskan maskernya ke rambut hingga seluruh bagian rambut, mulai dari batang hingga ujung rambut terkena masker.

5. Ambil handuk yang telah direndam air hangat, kemudian bungkus rambut yang sudah diberikan masker tersebut. Panas ini akan membantu mempercepat penyerapan nutrisi sehingga masker rambut bekerja dengan maksimal.

6. Diamkan rambut dibungkus handuk dalam 5-10 menit. Lalu, bilas rambut hingga bersih tanpa memakai sampo. Pastikan untuk membilasnya dengan air dingin agar pori-pori kulit kepala menutup kembali dan rambut kembali segar.

7. Rambut yang bersih dari masker akan memberikan manfaat yang baik. Tapi, bila kamu tidak membersihkan masker dengan baik, hal ini akan menumpuk residu sehingga rambut mudah kotor dan terlihat lepek.

8. Sebaiknya gunakan masker rambut 1-2 kali dalam seminggu secara rutin. Penggunaan yang terlalu sering justru dapat membuat rambut menjadi mudah kering karena minyak alami kulit yang terserap ketika menggunakan sampo.