Sebenarnya, Apa Penyebab Rambut Kehilangan Kilaunya?

Selain tubuh dan kulit wajah, rambut merupakan salah satu ikon terpenting bagi wanita. Apakah Anda pernah merasa bahwa rambut Anda kehilangan kilau alaminya? Bisa jadi ada factor luar tertentu yang membuat rambut bisa kehilangan kilau normalnya.

1. Penggunaan catokan

Tak dipungkiri bahwa setiap melakukan perawataan rambut di salon atau bahkan merawat rambut di rumahAnda seringkali menggunakan hot tools, atau catokan, yang menghasilkan rambut tampak lebih berkilau dari normalnya. Namun, perlu Anda ketahui, bahwa rambut berkilau saat setelah menggunakan catokan hanyalah efek sementara catokan tersebut. Tidak murni , selain itu terlalu sering menggunakan catokan pada rambut lama kelamaan juga akan menyebabkan kerusakan pada rambut. Misal rambut jadi gampang rontok dan bercabang.

2. Sinar matahari

Tak hanya akibat dari catokan, ternyata terkena sinar matahari secara langsung juga bisa menyebabkan kerusakan pada rambut lho! Nah, untuk meminimalisir hal tersebut, apabila Anda ingin bepergian ke luar, sebaiknya Anda menggunakan topi untuk menutupi rambut dari paparan sinar matahari secara langsung, atau Anda juga bisa menggunakan produk dengan kandungan spf atau UV protection, untuk melindungi rambut Anda rusak akibat terlalu terpapar sinar matahari.

3. Cat rambut

Tak hanya masalah dari luar, ternyara penggunaan berbagai macam cat rambut bisa menjadi salah satu penyebab rambut kehilangan kilaunya. Tak hanya itu, terlalu sering menggunakan cat rambut atau bergonta-ganti cat rambut juga dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan terlihat kusam. Bahkan ada yang rontok atau mulai bercabang. Untuk meminimalisir terjadinya kerusakan rambut tersebut, maka sebaiknya Anda menggunakan perawatan rambut yang lebih lagi, misalnya Anda mulai menggunakan shampoo dan conditioner khusus untuk rambut bewarna. Atau Anda bisa memulai perawatan ke salon untuk merawat rambut Anda.