Sebenarnya Seberapa Banyak Sih Jumlah Produk Perawatan Digunakan?

Seperti halnya mengonsumsi makanan, skincare atau produk perawatan kecantikan, juga memiliki kadar jumlah penggunaan masing-masing. Tak hanya perut yang bisa kekenyangan, kulit kita yang kita pakaikan skincare juga punya rasa kekenyangan. Taukan segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik? Nah, hal tersebut juga berlaku untuk penggunaan skincare. Terlalu banyak mengaplikasikan produk perawatan terkadang malah tidak membuat kulit sembuh, namun bisa jadi membuatnya tambah parah. Lantas, sebaiknya berapa banyak sih penggunaan produk perawatan?

1. Sabun cuci muka

Step pertama setelah lelah seharian beraktivias adalah membersihkan diri, tak lupa selalu untuk membersihkan muka menggunakan sabun cuci muka. Tentunya, setelah beraktivitas seharian baik di luar maupun di dalam ruangan, kotoran dan debu sudah menumpuk di kulit kita. Perlu diketahui bahwa ternyata penggunaan sabun cuci muka yang terlalu banyak atau berlebihan dalam sekali cuci muka bisa membuat kulit wajah menajdi kering. Apakah Anda pernah mengalaminya? Nah, setiap sabun pembersih wajah selalu memiliki aturan khusus atau takaran khusus dalam setiap pemakaiannya. Tetapi secara universal, ketika kita menggunakan sabun cuci muka, hanya perlu satu kali pencet, atau satu kali pump. Tidak perlu 2 sampai 3 kali pump. Karena terlalu banyak akan membuat kulit Anda menjadi kering.

2. Scrub wajah

Setelah berminggu-minggu disibukkan dengan aktivias, alangkah baiknya apabila Anda mengeksfoliasi kulit wajah Anda. Nah, ekxfoliasi sendiri penting sebenarnya untuk dilakukan karena berguna dalam mengangkat sel-sel kulit mati. Namun, perlu diketahui Anda bisa menggunakan scrub wajah untuk eksfoliasi sekitar seminggu cukup 1 hingga 2 kali, tidak perlu lebih dari 2 kali. Karena justru akan menimbulkan permasalahan kulit baru. Misalnya kulit menjadi kering akibat seringnya melakukan eksfoliasi, atau bahkan kulit menjadi iritasi.

3. Toner

Penggunaan toner tentunya tidak diragukan lagi. Untuk skincare rutin, biasanya kita terlebih dahulu mencuci muka, lalu dilanjutkan dengan penggunaan toner. Namun, terkadang kita tidak menydari telah menuangkan serta menggunakan produk toner ini terlalu banyak. Alangkah baiknya apabila Anda membaca aturan pakai toner dahulu sebelum mulai dengan sembarangan penggunaan toner tersebut.

4. Pelembap wajah

Setelah menggunakan toner untuk morning routine makeup, Anda tidak boleh lupa untuk mengaplikasikan pelembab atau moisturizer. Namun, moisturizer yang berlebihan bisa juga membuat kulit wajah Anda tampak berminyak. Nah, alangkah baiknya apabila Anda mengapliaksikan pelembab sesuai dengan seluruh wajah dan leher, tidak perlu dilebih-lebihkan. Dan jangan lupa untuk memilih jenis pelembab yang sesui dengan jenis kulit Anda, agar tidak terjadi iritasi saat pemakaian.

5 . Sunscreen

Selanjutnya adalah sunscreen. Sunscreen merupakan produk kecantikan yang wajib Anda gunakan setiap hari. Karena sunscreen dapat melindungi kulit dari sengatan panasnya sinar matahari. Sunscreen pun tak hanya digunakan untuk melindungi kulit wajah dan leher, namun sekarang ini sudah ada handbody yang mengandung spf di dalamnya.

Nah, untuk sunscreen sendiri, sebaiknya juga digunakan 1-2 pump. Tidak perlu banyak-banyak, namun khusus untuk sunscreen Anda perlu mengaplikasikan ulang sunscreen dalam waktu 2-3 jam kedepan. Karena agar sunscreen tetap bekerja saat Anda beraktivias. Taklupa, sebaiknya pilihlah sunscreen yang memiliki kandungan spf yang tinggi. Dan sebaiknya gunakan sunscreen 15 menit sebelum beraktivitas diluar ruangan, agar sunscreen dapat menempel dengan maksimal dikulit.