Seberapa Bahaya Alat Kontrasepsi?

Seberapa Bahaya Alat Kontrasepsi?

Informasi Terkini – Kontrasepsi memang banyak digunakan untuk mencegah kehamilan. Namun, apakah Anda mengetahui dampak buruk dari menggunakan alat kontrasepsi ini?
Alat kontrasepsi yang sering dipakai wanita bisa mengakibatkan wanita sakit ketika berhubungan intin, mata kering, alami penggumpalan darah, migrain, terkena infeksi jamur, dan rentan mengalami depresi.
Namun akhir-akhir ini, seorang dokter kandungan dr. Andon Hestiantoro, SpGO menyatakan bahwa dampak buruk yang ditimbulkan oleh penggunaan alat kontrasepsi bisa dikurangi. Hal ini bisa dilakukan dengan mengurangi penggunaan pada zat ethinyl estradiol.
Dokter Andon Hestiantoro sendiri mengatakan hal tersebut ketika jumpa pers yang diadakan karena memperingati Hari Kontrasepsi Dunia yang jatuh pada tanggal 26 September. Dengan apa yang dikatakan oleh dokter kandungan ini, tentunya penggunaan alat kontrasepsi bisa membuat penggunannya merasa aman untuk memakainya tanpa dampak atau risiko yang besar seperti yang disebut di atas.
Bukan hanya Dokter Anton, Ibu Emi Nurjasmi yang menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Bidan Indonesia juga menyampaikan bahwa alat kontrasepsi ini bisa mengendalikan kelahiran dengan efek samping yang rendah. Dengan begitu, kualitas hidup serta tumbuh kembang anak bisa menjadi lebih baik.
Saat hendak menggunakan alat kontrasepsi, dokter atau bidan yang menangani akan terlebih dulu memberikan penjelasan dan konsultasi sehingga penggunannya mengerti dan tidak khawatir akan efek samping yang ditimbulkan.