Selain Enak Dan Menyehatkan, Makanan Dan Minuman Ini Juga Dipercaya Sebagai Makanan Pereda Stres

Selain Enak Dan Menyehatkan, Makanan Dan Minuman Ini Juga Dipercaya Sebagai Makanan Pereda Stres

Informasi Terkini – Pekerjaan masih menumpuk dan dikejar deadline. Cicilan kartu kredit lupa dibayar. Belum lagi sikap si dia yang akhir-akhir ini menjadi cuek. Duh! Banyak sekali hal yang dapat membuat stres, ya? Ada baiknya sih, jika Anda bisa meluangkan sedikit waktu untuk merelaksasikan tubuh dan pikiran. Tapi, ternyata sulit juga untuk menyelipkan ‘me time’ di tengah-tengah jadwal yang padat. Jangan panik dulu, ada banyak kok cara untuk meredakan stres! Salah satunya adalah dengan makanan dan minuman. Nah, berikut ini adalah beberapa makanan pereda stres yang dapat Anda coba!

1. Salmon

Salah satu reaksi dari tubuh yang mengalami stres adalah meningkatnya kadar hormon adrenalin dan kortisol. Kandungan Omega-3 yang sangat banyak terkandung dalam salmon memiliki kemampuan anti-inflamasi yang dapat mengurangi efek negatif dari hormon kortisol. Tak hanya itu, Omega-3 juga dapat bertindak sebagai anti-depresan yang dapat mencegah gejala depresi tanpa memberikan efek samping layaknya obat-obatan. Pada beberapa studi yang telah dilakukan, sudah terbukti bahwa konsumsi salmon dapat menurunkan tingkat stres seseorang hingga 20%.

2. Blueberries

Buah-buahan berry memang terkenal memiliki banyak khasiat, termasuk blueberries. Makanan pereda stres yang satu ini ternyata mendapatkan kemampuannya berkat pigmen yang terkandung di dalamnya. Blueberries mendapatkan warna gelap khasnya dari zat pigmen bernama anthocyanins. Zat pigmen ini mengandung anti-oksidan yang mampu merangsang otak untuk memproduksi dopamine yang mampu membuat mood Anda menjadi lebih baik. Blueberries juga mengandung phytonutrients yang dapat membantu tubuh melawan stres yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Yoghurt

Pernah mengalami sakit perut sebelum melakukan hal yang ‘menakutkan’? Saat melakukan presentasi penting, misalnya. Tahukah Anda? Ternyata rasa sakit perut ini merupakan respon dari tubuh Anda terhadap rasa stres. Saat mengalami stres, otak akan mengirimkan sinyal ke perut dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Hal ini juga berlaku sebaliknya. Untuk mendapatkan pikiran yang tidak stres, diperlukan asupan bakteri baik pada perut. Nah, bakteri baik ini dapat Anda dapatkan melalui konsumsi yogurt! Yogurt kaya akan probiotik yang mampu mengatur kerja bagian otak dan mengurangi tingkat stres serta sikap lain yang berhubungan dengan kondisi depresi.

4. Chamomile Tea

Salah satu masalah yang ditimbulkan akibat kondisi tubuh dan pikiran yang stres adalah kurang tidur. Waduh, sudah mengalami stres, lalu ditambah kurang istirahat? Bisa-bisa semakin berbahaya untuk kesehatan Anda. Jika Anda mengalami masalah ini, cobalah untuk mengonsumsi chamomile tea sebelum Anda tidur. Chamomile tea dapat menangani insomnia dengan baik sehingga Anda bisa mendapatkan istirahat yang cukup. Chamomile tea juga mengandung natural muscle relaxant. Kandungan ini berfungsi untuk membuat otot-otot tubuh yang tegang untuk kembali rileks.

5. Bayam

Sejak kecil, Anda tentu sudah familiar dengan sayuran hijau yang satu ini, bukan? Ternyata, selain bagus untuk kesehatan tubuh, bayam juga termasuk sebagai salah satu makanan pereda stres, lho! Bayam kaya akan kandungan folate, sebuah zat yang dapat merangsang tubuh untuk memproduksi serotinin dan dopamine. Baik itu serotonin atau dopamine, keduanya sangat baik untuk meredakan stres dan depresi. Konsumsi bayam dan sayuran hijau lainnya yang kaya akan folate, dapat menyebabkan Anda merasa lebih tenang, bahagia, dan berenergi.