Selain Minum Air Putih, Berbagai Hal Berikut Juga Efektif Dalam Mencegah Dehidrasi

Selain Minum Air Putih, Berbagai Hal Berikut Juga Efektif Dalam Mencegah Dehidrasi

Informasi Terkini – Umumnya minum 8 gelas air per hari jadi salah satu anjuran yang sering diberikan untuk mencegah dehidrasi. Tapi, jika Anda termasuk orang yang bosan atau bahkan malas minum air putih, tak ada salahnya untuk sedikit berkreasi dengan memilih makanan atau minuman berikut yang telah terbukti dapat memenuhi asupan cairan dalam tubuh layaknya air mineral. Selain mengurangi rasa bosan karena harus terus minum air putih, tubuh Anda pun akan tetap terhidrasi sepanjang hari dan terhindar dari efek buruk dehidrasi seperti pusing, kram otot hingga penurunan fungsi ginjal.

1. Makan Buah Kaya Kandungan Air

Selain memberi rasa kenyang, mengonsumsi buah dan sayuran yang tinggi kandungan air juga bisa bantu menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. Anda bisa memilih buah seperti semangka, strawberry, kiwi, jeruk, melon maupun nanas yang diketahui memiliki kandungan air lebih dari 85%.

2. Konsumsi Popsicle Dengan Kandungan Buah

Selain mengonsumsi buah secara langsung untuk mencegah dehidrasi, Anda juga bisa membekukan minuman segar dengan tambahan buah asli menjadi potongan es seperti popsicle. Coba pilih buah yang kaya kandungan air seperti semangka dengan jus lemon serta beberapa sendok teh madu, lalu bekukan selama beberapa jam sebelum mengonsumsinya. Selain terasa menyegarkan kandungan baik dalam popsicle ini akan segera mengembalikan hidrasi tubuh yang hilang.

3. Minum Air Kelapa Dengan Campuran Buah

Untuk mengembalikan hidrasi tubuh dengan cepat di siang hari Anda juga bisa mengonsumsi air kelapa. Selain mampu mengembalikan kondisi tubuh yang kekurangan cairan, air kelapa juga mengandung elektrolit alami seperti potasium dan sodium, yang baik untuk fungsi saraf dan otot tubuh. Bahkan, minuman ini jauh lebih menyehatkan dibandingkan saat Anda mengonsumsi minuman isotonik atau berbagai minuman kemasan lain yang turut memasukkan kandungan pemanis. Untuk memperkaya cita rasanya, Anda juga bisa menambahkan madu, atau potongan buah segar ke dalam air kelapa.

4. Minum Susu

Selain minum air putih, ternyata mengonsumsi susu juga bisa menjadi salah satu cara terbaik dalam mencegah dehidrasi. Hal ini diketahui berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism. Menurut hasil penelitiannya, para atlet yang mengonsumsi susu atau produk dengan kandungan susu memiliki ketahanan cairan tubuh yang lebih baik dibandingkan mereka yang mengonsumsi minuman isotonik setelah berolahraga. Selain itu, kandungan protein dalam susu juga memberi efek baik lain seperti mengembalikan energi tubuh dengan cepat setelah aktivitas fisik.

5. Mengonsumsi Sup Gazpacho

Saat cuaca panas, Anda juga bisa mengonsumsi makanan sehat seperti sup. Berbeda dengan sup yang umumnya disajikan dalam kondisi panas, sup Gazpacho biasa dibuat dalam kondisi dingin dan dikonsumsi oleh masyarakat Andalusia di Spanyol saat memasuki musim panas. Memiliki komposisi aneka sayuran tinggi kandungan air, biasanya sup ini terdiri dari berbagai bahan, seperti tomat, mentimun dengan tambahan bawang putih, minyak zaitun, serta garam. Namun, untuk memperkaya cita rasa, Anda juga bisa menambahkan berbagai sayuran lain yang juga tinggi kandungan air seperti zuchini, seledri, serta bayam.