Selain Nikmat, Mengonsumsi Hidangan Penutup Ternyata Memiliki Banyak Manfaat, Lho!

Selain Nikmat, Mengonsumsi Hidangan Penutup Ternyata Memiliki Banyak Manfaat, Lho!

Informasi Terkini – Setuju dengan kalimat di atas? Saya pribadi termasuk seseorang yang merasa kurang lengkap jika tidak menutup makan berat dengan hidangan penutup. Jenisnya pun beragam, mulai dari permen, es krim, hingga cake. Kalau Anda, paling suka dengan yang mana nih?

Hidangan penutup dengan cita rasa manis memang digemari banyak orang. Menariknya, selain membuat waktu makan menjadi lebih nikmat, ternyata mengonsumsi hidangan penutup juga memiliki beberapa manfaat, lho! Apa saja?

1. Memperbaiki mood

Pernah dengar kan kalau makanan manis bisa membuat kita lebih bahagia? Nah, perasaan ini juga yang akan Anda rasakan saat mengonsumsi hidangan penutup bercita rasa manis. Makanan dengan kandungan gula dapat memicu otak untuk memproduksi serotonin dan tryptophan, senyawa kimia yang membantu membuat Anda lebih rileks dan bahagia. Selain karena gula, cokelat juga dapat membantu meningkatkan mood menjadi lebih positif berkat kandungan theobromine di dalamnya.

2. Menambah asupan nutrisi

Dengan mengonsumsi hidangan penutup yang memiliki kandungan tepat, nutrisi dalam tubuh dapat terpenuhi dengan lebih baik. Misalnya, hidangan penutup yang mengandung buah, seperti pie atau puding, dapat melengkapi asupan vitamin dan serat. Selain itu, untuk hidangan penutup berbahan dasar susu, dapat membantu memenuhi asupan protein bagi tubuh.

3. Membantu mengontrol berat badan

Percaya atau tidak, mengonsumsi hidangan penutup dapat membantu Anda mengontrol berat badan, lho! Umumnya, seseorang yang berusaha menurunkan berat badan akan menahan diri untuk mengonsumsi makanan manis. Nah, saat sudah terlalu lama menahan diri dan ngidam makanan manis, ada kemungkinan seseorang jadi mengonsumsi makanan manis dalam jumlah berlebih. Akibatnya, berat badan pun bertambah karena konsumsi gula yang berlebihan.

4. Mengurangi dampak buruk diet

Salah satu dampak buruk dari diet adalah tubuh yang terasa lemas. Hal ini umum terjadi pada seseorang yang melakukan diet tanpa memerhatikan asupan nutrisi. Memang benar kalau ada beberapa jenis karbohidrat yang dapat membuat berat badan naik. Namun, bukan berarti kita harus menghentikan asupan karbohidrat sama sekali. Untuk menggantikan kebutuhan karbohidrat yang kita lewatkan saat makan berat, Anda bisa mengonsumsi hidangan penutup yang manis, kaya nutrisi dan kaya akan serat.

5. Memberikan lebih banyak tenag

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, hidangan penutup juga membantu memberikan lebih banyak energi bagi tubuh. Seperti yang kita tahu, gula memiliki peran penting untuk memberikan energi bagi tubuh. Dengan mengonsumsi hidangan penutup, Anda bisa mendapatkan asupan energi lebih dari gula yang terkandung. Tak hanya itu, saat mengonsumsi hidangan penutup, Anda pun bisa mendapat motivasi lebih untuk berolahraga, lho!