Selain Pakai Salep Panu, Hal Ini Dapat Membantu Menghilangkan Panu

Selain Pakai Salep Panu, Hal Ini Dapat Membantu Menghilangkan Panu

Informasi Terkini – Munculnya panu pada bagian kulit tertentu, terutama bagian yang sering tidak ditutupi pakaian membuat kita menjadi kurang percaya diri. Panu sendiri merupakan infeksi pada kulit yang diakibatkan oleh jamur Malassezia furfur. Biasanya, panu ditandai dengan munculnya bintik putih, coklat, atau merah muda pada kulit.
Untuk menghilangkannya, Anda bisa memberikan salep atau obat panu. Biasanya, obat ini akan memberikan efeknya dalam waktu yang tidak cukup lama. Tapi, Anda juga perlu menjaga kesehatan kulit agar panu segera menghilang dari kulit. Seperti beberapa hal di bawah ini yang dapat Anda lakukan saat terkena panu.
1. Hindari gunakan pakaian ketat
Ketika panu muncul pada bagian kulit yang biasa tertutup oleh pakaian, sebaiknya hindari menggunakan pakaian yang ketat. Pakaian ini dapat membuat panu tak kunjung sembuh karena kulit yang semakin iritasi akibat gesekan dengan bahan pakaian.
2. Gunakan pakaian yang menyerap keringat
Panu yang selalu tertutup dan lembap membuatnya semakin lama untuk sembuh. Untuk itu, gunakan pakaian yang dapat menyerap keringat sehingga dapat membuat panu bisa lebih bernapas. Biasanya, pakaian dengan bahan katun bisa memberikan efek untuk menyerap keringat.
3. Pakai sampo antiketombe untuk sabun
Memakai sampo antiketombe sebagai sabun pada kulit yang mengalami panu bisa membantu menghilangkan panu lebih cepat. Hal ini dikarenakan kandungan selenium sulfida, pyrithione zinc, dan ketoconazole di dalamnya.
4. Jangan terlalu sering berada di bawah sinar matahari
Paparan sinar matahari yang mengenai kulit, terutama kulit berpanu dapat memperburuk kondisi panu itu sendiri. Selain itu, hal ini akan membuat warna tidak rata akibat panu menjadi semakin terlihat.
5. Gunakan tabir surya
Ketika Anda harus berada di luar ruangan lebih lama, pastikan untuk selalu melindungi kulit dengan tabir surya yang memiliki SPF minimal 30. Hal ini akan memberikan perlindungan kulit dari UVA dan UVB.