Selain Pola Makan, Hal Berikut Juga Dapat Menjadi Penyebab Berat Badan Naik

Selain Pola Makan, Hal Berikut Juga Dapat Menjadi Penyebab Berat Badan Naik

Informasi Terkini – Saat berat badan menyentuh angka yang tidak diinginkan, kebanyakan wanita pasti langsung mencari cara untuk menurunkan atau menghentikan pertambahan berat badan. Jika dulu orang lebih memilih untuk mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi, wanita zaman sekarang sudah lebih paham bahwa pertambahan berat badan lebih sering disebabkan oleh pola makan.

Hm.. lalu bagaimana ya kalau diet sudah teratur, tetapi berat badan tetap bertambah? Ternyata ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab berat badan naik. Berikut ini adalah lima di antaranya.

1. Terlalu Banyak Kardio

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dan membentuk tubuh, kardio bukanlah pilihan yang tepat. Pasalnya, jenis olahraga ini dapat menjadi bumerang dan justru membuat berat badan naik. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sesi kardio yang terlalu panjang berpotensi meningkatkan kadar hormon kortisol, yang mana akan memicu tubuh menyimpan lemak viseral (lemak yang ditemukan pada rongga perut). Alih-alih melakukan kardio dalam sesi yang panjang, lebih baik Anda melakukan olahraga yang lebih intens, seperti HIIT atau latihan beban.

2. Stres

Stres dapat memengaruhi berat badan kita. Ada beberapa orang yang turun berat badannya akibat stres, ada juga yang justru naik. Nah, untuk yang naik berat badannya saat stres, biasanya disebabkan oleh kebiasaan makan yang buruk. Over-eating, tendensi mengonsumsi junk food, dan lupa menjaga asupan air putih, merupakan beberapa kebiasaan saat stres yang dapat membuat berat badan bertambah. Selain perubahan kebiasaan makan, stres juga memperlambat metabolisme tubuh.

3. Bermasalah dengan Kelenjar Tiroid

Jika berat badan gampang naik, saat tidak ada yang berubah dari pola makan Anda, masalah pada kelenjar tiroid bisa jadi penyebabnya. Hypothyroidism merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan hormon tiroid, sebuah hormon yang memegang peranan penting dalam menunjang fungsi tubuh. Saat kadar hormon ini menurun metabolisme tubuh dapat melambat. Akibatnya, proses pembakaran kalori pun tidak berlangsung secara efektif dan efisien.

4. Dehidrasi

Kurang konsumsi air putih dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Saat kondisi ini terjadi, metabolisme tubuh akan melambat. Tubuh pun kesulitan untuk mengubah lemak menjadi energi, sehingga kita akan merasa kekurangan energi dan cenderung mengonsumsi kalori dalam jumlah yang lebih banyak. Maka itu, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan air putih Anda, ya! FYI, air putih juga menjadi pengurang napsu makan yang baik, lho!

5. Hormon Tidak Seimbang

Ketidakseimbangan hormon pada tubuh dapat menjadi penyebab berat badan naik. Ada banyak faktor yang menyebabkan hormon pada tubuh menjadi tidak seimbang, mulai dari pubertas hingga konsumsi obat. Jenis hormon yang memengaruhi pertambahan berat badan pun beragam, seperti estrogen, insulin, testosteron, dan progesteron.