Selain Setiap Hari, Inilah Anjuran Penting Dari Para Ahli Mengenai Penggunaan Sunscreen

Selain Setiap Hari, Inilah Anjuran Penting Dari Para Ahli Mengenai Penggunaan Sunscreen

Informasi Terkini – Anda pasti tahu, betapa pentingnya menggunakan sunscreen sebelum keluar rumah karena dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Bahkan, tak jarang Anda perlu mengaplikasikan ulang setelah dua jam pemakaian. Dan tahukah Anda, nyatanya sunscreen juga perlu digunakan meski di dalam ruangan sekalipun. Selain sunscreen, SPF atau yang biasa disebut sebagai pelindung matahari ini terkadang hadir dalam bentuk lain. Jadi, sebenarnya kapan waktu dan tempat yang tepat penggunaan SPF dalam kehidupan sehari-hari? Berikut penjelasan para pakar.

1. Sunscreen harus dipakai setiap hari, tidak peduli aktivitas Anda di luar maupun dalam ruangan

Bekerja selama kurang lebih 8 jam di dalam ruangan memang tidak membutuhkan sunscreen, karena Anda tidak bertemu sinar matahari secara langsung. Namun, tetap saja saat keluar rumah menuju kantor atau suatu tempat, kemungkinan besar kulit Anda akan terpapar sinar matahari.

“Kegiatan di dalam ruangan tidak memerlukan sunscreen, tetapi banyak dari kita mengabaikan sinar matahari yang didapat setiap hari dari perjalanan singkat di luar ruangan,” jelas Elizabeth Tanzi, pemilik dan direktur Captial Laser & Skin Care dan profesor klinis asosiasi, departemen dermatologi di Pusat Medis Universitas George Washington, Amerika Serikat. “Itu sebabnya, kami merekomendasikan pemakaian sunscreen setiap hari, sehingga Anda selalu terlindungi dan tidak menjadi beban pikiran.”

Seorang dokter kulit di Los Angeles, Ava Shamban, menambahkan, “Paparan UV dalam ruangan dapat terjadi dari ultraviolet yang menembus kaca, yaitu UVA yang dipancarkan pada tingkat yang sama.”

2. Untuk pemakaian setiap hari, sunscreen sebaiknya diaplikasikan pada wajah, serta bagian tubuh lain

Sunscreen memang sebaiknya dipakai diseluruh wajah, termasuk telinga, begitu rekomendasi menurut seorang ahli kulit di New York City, Debra Jaliman. “Lindungi seluruh wajah Anda dengan sunscreen, serta bagian leher dan tangan Anda,” katanya. “Jika tidak banyak berkeringat, Anda bisa memakai sunscreen di pagi hari.”

3. Kekuatan SPF 30

“American Academy of Dermatology selalu merekomendasikan SPF 30, karena secara klinis jumlah perlindungannya terbukti cukup untuk mengurangi atau meminimalkan efek buruk sinar matahari,” jelas David Colbert, seorang ahli kulit di New York, AS.

Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis dalam dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai, New York, AS, menambahkan, “Jika menggunakan SPF yang lebih tinggi, itu berarti periode waktu perlindungan yang lebih lama.”

4. Sebaiknya, aplikasikan ulang setiap beberapa jam

“Idealnya, sunscreen digunakan kembali setiap dua jam, atau lebih sering jika Anda berenang atau berkeringat banyak,” kata Zeichner. “Waktu terbaik untuk mengaplikasikan sunscreen adalah sebelum pergi ke luar, karena Anda bisa memastikan apakah sunscreen telah cukup untuk menutupi semua area kulit yang terpapar sinar matahari.”

5. Pakaian Anda juga bisa dihitung sebagai SPF

Perlindungan terhadap sinar matahari tidak hanya melibatkan pemakaian sunscreen, melainkan pakaian atau aksesoris yang Anda gunakan. “Pastikan untuk mengenakan pakaian pelindung matahari, seperti topi dan kacamata hitam,” ucap dokter kulit, Amy B. Wechsler. “Paparan sinar UV adalah penyebab utama penuaan dini dan juga kanker kulit.”

6. Bibir juga perlu dilindungi

Sebagian wanita biasanya hanya fokus pada tampilan warna bibir dan formulanya saja. Hanya sebagian yang memberi perlindungan khusus pada bibir dari sinar matahari. “Orang-orang lupa untuk melindungi bibir mereka dan kanker kulit di area ini bisa sangat berbahaya,” kata Tanzi. “Semua orang membutuhkan lip balm dengan SPF,” tutupnya.