Selain Susu, Tempe Bisa Jadi Sumber Probiotik Baik

Selain Susu, Tempe Bisa Jadi Sumber Probiotik Baik

Informasi Terkini – Banyak orang mengenal hanya susu yang memiliki probiotik tinggi. Oleh karena itu, susu disebut-sebut sebagai sumber probiotik utama. Namun, tak hanya susu. Ada makanan lain yang murah dan lezat serta banyak ditemui di sekitar kita kamu memiliki probiotik yang tinggi juga. Makanan itu adalah tempe.
Dalam pembuatan tempe, terdapat proses fermentasi yang dibantu dengan bakteri baik, hal itulah yang menyebabkan tempe memiliki kandungan probiotik yang tinggi.
Tidak hanya itu. Tempe juga lebih unggul daripada susu. Karena sebagian anak memiliki alergi terhadap susu. Hal ini yang menyebabkan mereka sulit mengonsumsi susu sehingga tidak memiliki sumber probiotik dalam tubuhnya. Untuk para orang tua, Anda bisa memberikan tempe sebagai pengganti susu untuk sumber probiotik dalam tubuh anak.
Kemudian, pada ibu menyusui yang sedang pusing makanan pendamping ASI atau yang biasa dikenal dengan MPASI bisa menjadikan pilihannya pada tempe. Karena bakteri baik yang terdapat dalam makanan hasil fermentasi dapat membantu pencernaan anak menjadi lebih sehat.
Mengonsumsi tempe untuk memperoleh bakteri baik sebaiknya jangan memasak dengan cara digoreng atau direbus dalam suhu yang mendidih. Sebab, hal ini dapat menyebabkan berkurangnya probiotik dalam tempe. Cara memasak yang disarankan untuk tetap memperoleh probiotik dalam tempe adalah dengan memanaskan tempe sebentar yang kemudian bisa ditambahkan dalam sayur dengan memotongnya kecil-kecil.