Serba-serbi Tidur Berkualitas Berdasarkan Angka Yang Perlu Anda Ketahui

Serba-serbi Tidur Berkualitas Berdasarkan Angka Yang Perlu Anda Ketahui

Informasi Terkini – Kalau sewaktu kecil seruan untuk tidur dari orang tua jadi perintah yang terasa menyebalkan, lain halnya saat usia dewasa. Tidur seakan jadi kegiatan yang digemari, bahkan tanpa perlu disuruh sekalipun. Perubahan aktivitas dan tanggung jawab bisa jadi merupakan berbagai faktor yang membuat kegiatan tidur cukup banyak didambakan usia dewasa. Namun sayangnya tidak semua orang mampu memenuhi kebutuhan tidurnya dengan baik. Padahal tidur merupakan salah satu aktivitas dasar yang memberi pengaruh bagi kesehatan tubuh. Jika Anda termasuk orang yang belum berhasil mendapatkan jam tidur yang sesuai, mungkin Anda bisa mengingat berbagai angka berikut sebagai acuan dalam mendapatkan tidur berkualitas.

1. Olahraga pukul 7 pagi

Ingin kualitas tidur di malam hari jadi lebih baik? Mulailah rutin berolahraga pada pukul 7 pagi. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan Appalachian State University, North Carolina, US. Di mana olahraga pada pagi hari, khususnya pukul 7 dapat membantu mengurangi tekanan darah di malam hari sebesar 10%, yang turut berpengaruh untuk mendorong siklus tidur yang lebih lama dan mengembalikan siklus tidur alami tubuh.

2. 18 derajat celcius merupakan suhu kamar paling ideal

Bukan cuma berinvestasi pada tempat tidur yang berkualitas baik, suhu kamar juga bisa menjadi faktor penentu dalam mendapatkan tidur yang berkualitas. Untuk usia bayi dan anak-anak suhu kamar yang ideal berada pada kisaran 18-21 derajat celcius. Sedangkan untuk usia dewasa suhu kamar yang ideal adalah 15-19 derajat celsius. Suhu kamar yang berada di kisaran tersebut disebut ideal karena suhu inti tubuh akan menurun secara alami saat mulai tidur nyenyak dan akan meningkat menjelang akhir siklus tidur. Maka itu saat suhu ruangan meningkat tubuh seolah mendapat sinyal untuk segera bangun.

3. 46 menit, tambahan durasi waktu tidur jika Anda beraktivitas di luar ruangan

Meluangkan waktu sekitar 30 menit untuk beraktivitas di bawah sinar matahari saat pagi hari dapat membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Hal ini terjadi karena hormon melatonin dalam tubuh akan bekerja maksimal dan jam biologis Anda akan kembali normal. Bahkan menurut penelitian menghabiskan 30 menit di luar ruangan mampu menambah jam tidur hingga 46 menit di malam hari.

4. 30 menit, durasi ideal untuk tidur singkat

30 menit adalah waktu yang ideal untuk tidur singkat di siang hari atau yang lebih dikenal dengan istilah power nap. Durasi ini dianggap ideal dan bisa membuat tubuh lebih segar saat Anda bangun. Karena durasi tidur lebih dari 30 menit akan membuat Anda memasuki fase tidur yang lebih dalam sehingga cenderung membuat tubuh merasa lesu saat bangun. Jika memungkinkan lakukan aktivitas power nap antara pukul 2-3 siang sehingga tidak mengganggu siklus tidur Anda di malam hari.

5. 4-7-8, teknik pernapasan untuk dapatkan tidur berkualitas

Sering mengalami sulit tidur di malam hari? Anda bisa mengatasi hal ini dan membuat tubuh merasa rileks dengan memanfaatkan teknik pernapasan 4-7-8. Teknik yang ditemukan oleh Dr Andrew Weill ini dipercaya mampu mengundang rasa kantuk dan membuat tubuh menjadi lebih rileks untuk terlelap. Anda cukup membuang napas melalui mulut, lalu tarik napas melaui hidup selama empat hitungan, tahan napas selama 7 hitungan, lalu buang napas melalui mulut selama 8 hitungan. Ulangi teknik pernapasan ini selama 3 kali untuk bisa merasakan efeknya.