Sering Bermain Gadget Ternyata Punya Efek Buruk, Salah Satunya Menyebabkan Depresi!

Sering Bermain Gadget Ternyata Punya Efek Buruk, Salah Satunya Menyebabkan Depresi!

Informasi Terkini – Di era globalisasi ini, tak heran jika berbagai kalangan menggunakan smartphone untuk memudahkan komunikasi dan mendapatkan informasi secara cepat. Namun, bagaimana dengan pemakaian smartphone dalam kehidupan Anda? Apakah berlebihan atau cukup? Menurut penelitian, kecenderungan berlebih terhadap gadget dapat mendorong Anda menjadi pribadi yang pasif, rentan stres, bahkan memicu penyakit akibat radiasi, lho! Beberapa orang memang tidak sadar kalau mereka menggunakan gadget terlalu sering. Bahkan, ketika berkumpul bersama teman, keluarga dan orang penting pun, mereka malah memilih bermain gadget dibanding berbicara dengan lawan bicaranya. Hal ini punya efek yang berbahaya bagi Anda. Mengapa? Yuk, simak 3 alasan ini.

1. Membuat Hubungan Retak

Ketika Anda membuat janji untuk bertemu dengan orang lain, ini berarti Anda ingin meluangkan waktu untuk berbicara tatap muka dengannya. Jika Anda lebih banyak bermain gadget atau update status di media sosial, maka Anda harus berhati-hati nih. Hal ini akan memberi kesan yang buruk bagi lawan bicara Anda. Lawan bicara Anda akan berpikir bahwa Anda lebih mementingkan dunia maya dibandingkan dengan dunia nyata. Nah, dari sini hubungan yang baik perlahan-lahan akan menjadi buruk bahkan retak.

2. Interaksi Sosial Berkurang

Karena hubungan Anda dengan beberapa orang sudah diklaim buruk, maka secara perlahan interaksi sosial dengan dunia nyata pun berkurang. Hal ini karena kepekaan Anda terhadap lingkungan semakin lama juga semakin berkurang. Jika Anda masih bermain gadget sambil berjalan atau mendengarkan lagu dengan kencang menggunakan earphone, sebaiknya stop kebiasaan ini deh. Selain itu, jika terdapat anggota keluarga atau teman yang sakit, orang-orang lebih senang memberikan perhatian lewat media sosial. Secara khusus, hal ini membuat sesorang semakin apatis dan pasif. Padahal, memberi perhatian kepada orang sakit sebaiknya dilakukan dengan cara menjenguknya.

3. Mudah Stres

Fokus pada dunia maya juga bisa membuat Anda stres, lho. Ketika Anda membagikan sesuatu di dunia maya, Anda cenderung ingin mencari perhatian dari teman-teman yang berada di dunia maya juga. Nah, perhatian itu ditujukan dalam bentuk likes atau komentar. Semakin banyak likes atau komentar, maka semakin tinggi status sosial seseorang. Nah, hal ini membuat kepuasan tersendiri dan merasa bahwa Anda diperhatikan. Sebaliknya, jika likes atau komentar yang didapatkan sedikit, ini menyebabkan Anda bertanya-tanya apa yang terjadi. Anda bisa semakin berpikir bahwa orang-orang tidak memperdulikan Anda dan hal ini berdampak pada depresi dan kekhawatiran berlebih. Padahal sih, tidak juga kok. Lihatlah di sekeliling Anda, banyak lho orang yang memperdulikan dan memberikan perhatian pada Anda.

Bagaimana? Sudah tahu kan alasan Anda tidak boleh bermain gadget ketika bersama dengan orang lain? Sebenarnya, gadget sangat baik untuk mengetahui sumber informasi yang berasal dari mana saja, tetapi akan lebih baik jika Anda mengontrol pemakaian gadget dalam kehidupan Anda. Jangan sampai, Anda terlalu asyik menikmati kehidupan di dunia maya dibandingkan di kehidupan dunia nyata.