Sering Dianggap Mistis, Apa Sih Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan?

Daun kelor yang kerap dianggap mistis di indonesia, ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat daun kelor, kamu dapat mengonsumsinya dengan minum rebusan daun kelor atau membuat jamu tradisional dengan campuran daun kelor. Di dalam daun kelor terkandung vitamin C, kalsium, kalium, protein, dan zat besi yang mampu menjaga kesehatan pada tubuh. Lalu, apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh? Berikut ini adalah ulasannya.

Mencegah Radikal Bebas

Antioksidan yang terdapat pada daun kelor mampu untuk menangkal radikal bebas pada tubuh. Daun kelor ini juga memiliki kandungan senyawa yang dapat membantu penderita penyakit dalam, seperti hipertensi, jantung, hingga kanker. Cara yang alternatif dengan mengonsumsi daun kelor setiap harinya agar menangkal radikal bebas pada tubuh.

Mengatasi Diabetes

Manfaat daun kelor yang diolah dengan sayuran ataupun dengan minum air rebusan daun kelor dipercaya juga dapat untuk menurunkan diabetes. Karena didalam daun kelor terdapat kandungan senyawa isothiocyanate yang efektif untuk menurunkan kadar gula darah. Mengonsumsi 50 gram daun kelor dapat menurunkan 21% kadar gula darah.

Mencegah Peradangan

Daun kelor memiliki anti inflamasi yang efektif untuk mencegah peradangan. Peradangan ini disebabkan luka bakar atau infeksi bakteri dan virus yang ada pada tubuh. Dan kandungan isotiosianat yang berperan aktif juga untuk peradangan. Dengan mengonsumsi daun kelor secara rutin, peradangan yang ada didalam tubuhmu akan terangkat.