Sering Dianggap Sepele, Ini Dampak Negatif Sinar Matahari Pada Rambut

Saat beraktivitas di luar ruangan, kita sering direkomendasikan untuk selalu memakai sunscreen agar kulit tetap terlindungi dari bahayanya sinar UV. Namun, bukan hanya kulit saja, ternyata sinar UV juga bisa merusak bagian tubuh lain, yaitu rambut.
Memang, sebagian orang sudah melindungi rambut dari bahaya sinar matahari dengan berbagai cara, seperti mengenakan kerudung, topi, hingga payung. Tapi, beberapa orang lain justru menganggap hal ini sepele dan tidak berbahaya. Padahal, sinar matahari bisa merusak rambut juga.
Nah, di bawah ini merupakan dampak negatif sinar matahari bagi rambut kita. Apa saja? Simak berikut ini.
1. Rambut rapuh, kering, dan susah diatur
Rambut memiliki beberapa lapisan. Nah, bagian terluar rambut tentunya yang lebih sering terkena oleh sinar matahari. Akibatnya rambut pun kehilangan kelembapan alami hingga strukturnya menjadi lemah. Rambut menjadi kering, mudah rapuh, hingga susah diatur.
2. Sunburn di kulit kepala
Bukan hanya di kulit, khususnya kulit wajah, sunburn bisa terjadi di kulit kepala juga. Tentunya hal ini membuat kita menjadi tidak nyaman bahkan perih. Kamu bisa melindungi rambutmu agar tidak terjadi sunburn di kulit kepala.
3. Berubah warna
Beberapa orang mungkin belum menyadari bahwa terlalu lama terkena sinar matahari dapat membuat rambut menjadi berubah warna. Hal ini bisa membuat rambut hitam menjadi tampak pirang kecoklatan.
4. Rambut bercabang
Terlalu lama terpapar sinar matahari membuat ujung rambut mudah bercabang. Hal ini dikarenakan kekuatan rambut menghilang.
Itulah beberapa dampak negatifnya, kamu bisa melindungi diri bahayanya sinar matahari dan melakukan perawatan dengan rutin agar rambut terjaga dan tetap baik.