Sering Dijual Sebagai Masker Organik, Apa Sih Manfaat Masker Kunyit?

Saat ini, bahan alami bukan hal yang asing lagi bagi dunia skincare. Banyak produk-produk buatan pabrik yang berbahan dasar dari bahan alami, mulai dari aloe vera, lemon, hingga teh hijau. Namun, pernahkah kamu tau kalau bahan dapur juga bisa menjadi bagian skincare kita. Salah satunya adalah kunyit. Berikut ini manfaat umum kunyit yang digunakan sebagai masker wajah.

1. Mencerahkan kulit

Kunyit memiliki antioksidan yang dapat bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kulit kusam. Jika kamu rutin memakai masker wajah varian kunyit, dalam beberapa hari saja kamu mungkin sudah bisa menghidupkan kembali kulit wajah yang lebih cerah.

2. Menghilangkan jerawat

Selain dipakai tanpa campuran, kamu juga bisa menggunakannya dengan yogurt. Hal ini bisa menambah manfaatnya, mulai dari menyamarkan kondisi pori-pori kulit karena adanya sifat anti-inflamasi dan dapat menenangkan kulit yang berjerawat karena tedapat sifat antiseptiknya.

3. Menyamarkan kerutan di wajah

Semakin usia bertambah kondisi kulit ikut mengalami penurunan. Biasanya hal ini ditandai dengan munculnya tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, garis halus, atau noda hitam di beberapa bagian kulit wajah. Nah, masalah ini sebenarnya bisa disamarkan agar tidak mengganggu penampilan wajah.

Penggunaan masker kunyit secara rutin dipercaya mampu memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan dan mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga membuat elastisitas kulit bertambah namun tetap terlihat sehat.

4. Melawan sinar UV

Sinar UV angat berbahaya bagi kulit kita. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya kanker kulit, garis-garis halus, hiperpigmentasi, dan semua penyakit kulit. Agar kamu terhindar dari permasalahan tersebut hal utama yang harus kamu lakukan adalah memeranginya. Menggunakan masker kunyit dianggap mampu memproduksi elastin yang nantinya dapat meningkatkan kondisi struktur kulit wajah.

5. Mengangkat sel kulit mati

Selain membersihkan wajah dengan produk facial wash, kita disarankan untuk tetap menggunakan produk yang dapat mengeksfoliasi kulit. Hal ini diperuntukkan agar sel kulit mati menghilang dan tidak terjadinya penumpukan pada pori-pori kulit. Masker kunyit dapat berperan sebagai alat eksfoliasi kulit dan tetap menjaga kulit dengan baik tanpa membuatnya menjadi iritasi.