Sering Dikonsumsi Sebagai Sayur, Ini 3 Manfaat Bayam

Siapa yang tak kenal bayam? Sayuran ini seringkali dikonsumsi sebagai salad hingga sayur. Bayam sendiri ada dua jenis yang harus diperhatikan. Ada bayam liar dan bayam budidaya. Jika kamu ingin mengonsumsinya, kamu perlu memilih bayam budidaya karena dapat memberikan manfaat untuk kesehatan.

Perbedaan dari jenis bayam ini bisa dilihat dari beberapa indikator di bawah ini :

– Batang
Bayam liar berwarna merah, sedangkan bayam budidaya berwarna hijau

– Daun
Bayam liar memiliki daun yang kaku, sementara bayam budidaya daunnya tidak terlalu kaku

– Duri
Bayam liar memiliki duri, sedangkan bayam budidaya tidak memiliki duri sehingga aman dikonsumsi.

Jika kamu masih penasaran akan manfaat bayam, simak 3 diantaranya berikut ini, yuk!

1. Kesehatan pembuluh darah

Bayam yang baik dikonsumsi memiliki sejumlah kandungan yang baik, salah satunya zat besi. Bagi tubuh, kandungan ini bermanfaat untuk membangun sel darah merah. Jika produksi darah banyak maka seluruh tubuh akan menerima oksigen secara tercukupi.

Orang yang menyepelekan kandungan zat besi dalam tubuhnya dapat mengalami lemas tak berdaya hingga anemia. Pastikan nutrisi tubuh terpenuhi dulu, ya.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Bayam juga mengandung beta karoten, lutein, zeaxanthin yang mampu menjaga kesehatan mata. Vitamin A nya juga mampu untuk melindungi kornea, luteinnya mampu untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet dan zeaxanthin berfungsi untuk kontribusi pada perkembangan visual.

Dengan mengonsumsi bayam, mata yang gatal-gatal, ulkus mata, bisul mata, atau masalah mata lainnya dapat sembuh. Sayur bayam ini juga mengandung antiinflamasinya.

3. Baik untuk Penderita Diabetes

Untuk penderita diabetes juga dianjurkan mengonsumsi sayur bayam. Karena kandungan alpha lipoic yang dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah dan sensivitas insulin meningkat serta kadar gula akan terjaga.