Sering Konsumsi Kacang Hijau? Ini 4 Manfaatnya Bagi Tubuh

Kacang hijau ini merupakan jenis tanaman yang mendapat julukan lain yaitu, green gram, mung bean, golden gram, dan vigna radiate. Kacang hijau dapat di konsumsi dalam bentuk bubur, disajikan sebagai isi bakpia atau onde-onde, dan es lilin dari kacang hijau.

Ada beragam nutrisi yang terkandung dalam kacang hijau. Selain nutrisi, kandungan antioksidan, serat, dan protein baik yang ada dalam kacang hijau dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Kacang hijau juga bisa mencegah seseorang dari penyakit kronis. Untuk mengetahui apa saja manfaat kacang hijau bagi tubuh, berikut ini ulasannya.

1. Mencegah penyakit jantung

Penelitian medis mengungkapkan bahwa kacang hijau juga dapat mencegah seseorang penderita jantung. Dengan mengonsumsi kacang hijau dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh dan dapat memperbaiki pembengkakan.

2. Mencegah kanker

Kandungan polyphenol dan oligosakarida yang ada didalam kacang hijau dipercaya mampu untuk mengatasi penyakit kanker. Dan kandungan antioksidan yang tinggi dapat melawan radikal bebas sehingga dapat mengurangi perkembangan kanker.

3. Kaya protein

Kandungan protein satu cangkir kacang hijau bisa mencapai 3,16 gram. Albumin dan globulin menghasilkan asam amino hingga total mencapai 85 persen. Oleh karena itu, kacang hijau dipercaya baik untuk kesehatan tubuh.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Virus, bakteri berbahaya, dan iritasi yang ada di dalam tubuh dapat diatasi dengan mengonsumsi kacang hijau secara rutin. Karena kandungan Fitonutrien dapat mengatasi pembengkakan pada tubuh.