Sering Lupa Waktu Ketika Main Gadget? Lakukan Hal Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Sering Lupa Waktu Ketika Main Gadget? Lakukan Hal Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Informasi Terkini – Kemajuan teknologi membuat banyak pekerjaan manusia menjadi bergantung terhadap gadget. Banyak orang yang menggunakan smartphone alias gadget untuk memenuhi kebutuhan mereka setiap harinya. Tentu saja hal ini membuat orang menjadi sering menatap layar gadget, bahkan bisa seharian. Hati-hati, hal ini bisa berdampak buruk terhadap kesehatan mata, lho. Mata bisa terkena paparan cahaya yang begitu terang dari layar gadget dan minus Anda bisa bertambah juga. Agar tak semakin parah, coba lakukan beberapa cara ini untuk menjaga kesehatan mata bagi Anda yang sering lupa waktu ketika bermain gadget.

1. Mengatur Tingkat Kecerahan Pada Layar Gadget

Cara ini dilakukan agar bisa menghindari efek negatif dari paparan radiasi layar gadget. Anda bisa mengatur tingkat kecerahan layar secara normal. Hindari menggunakan tingkat kecerahan yang terlalu tinggi atau malah terlalu rendah, karena hal ini bisa membuat otot mata Anda bekerja keras. Atur kecerahan pada layar gadget sesuai dengan kenyamanan Anda pada saat sedang menatap layar.

2. Menyimpan Gadget Sebelum Tidur

Masih banyak orang yang belum menyadari bahwa menggunakan gadget di malam hari bisa menyebabkan mata menjadi lebih rawan rusak. Hal disebabkan karena cahaya pada ruangan kurang memadai saat malam hari dan layar gadget yang menjadi sangat terang. Saat mau tidur, Anda pun cenderung menggunakan gadget dengan jarak yang sangat dekat dengan mata. Sinar biru pada gadget pun bisa membuat Anda malah semakin terjaga. Sudah mata rusak, tubuh pun lelah karena kurang tidur.

3. Memakai Kacamata Khusus Anti-Radiasi

Agar mata Anda benar-benar aman dari efek radiasi yang disebabkan oleh layar gadget, coba pakai kacamata khusus yang bisa menangkal radiasi cahaya tersebut. Mata pun bisa tetap terjaga dan tetap sehat, walau Anda berlama-lama bermain gadget. Kalau Anda memang memakai kacamata, Anda bisa meminta optik untuk melapisi kacamata Anda dengan lensa khusus.

Itu tadi beberapa tips menjaga kesehatan mata yang bisa Anda lakukan. Ingat, sayangilah mata Anda. Jangan hanya karena keasyikan bermain gadget, Anda malah tidak mempedulikan kesehatan mata sendiri.