Sering Makan Olahan Dari Tepung Tapioka, Ternyata Ini Manfaatnya

Tepung tapioka atau yang sering disebut dengan tepung kanji sering digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan camilan, seperti cimol, cilok, dan lainnya. Tepung ini sendiri dibuat dari singkong.

Karena terbuat dari bahan yang alami, tepung tapioka memiliki sejumlah kandungan, seperti karbohidrat, protein, serat, dan zat bergizi lainnya. Anda bisa memanfaatkan tepung tapioka ini sebagai alternatif diet bebas gluten.

Sering terdapat dalam beberapa sajian makanan, apa manfaat dari tepung tapioka ini bagi tubuh? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Menyehatkan Pencernaan

Karena mengandung serat yang cukup tinggi, tepung tapioka efektif untuk memberikan kelancaran sistem pencernaan sehingga Anda akan terhindar dari sembelit dan penyakit perut lainnya.

2. Menjaga Tekanan Darah

Tekanan darah yang tidak normal akan berakibat fatal jika tidak diperhatikan dengan baik. Mengonsumsi makanan dengan tepung tapioka dapat memberikan manfaat untuk menjaga tekanan darah normal karena mengandung kalium didalamnya. Hal ini bisa memberikan efek baik bagi kesehatan jantung.

3. Membantu Menaikkan Berat Badan

Sudah makan apapun tapi badan tetap kurus? Anda bisa mencoba mengonsumsi makanan dengan tepung tapioka. Karbohidrat didalamnya mampu menaikkan berat badan sehingga And akan terlihat berisi.

4. Menambah Nutrisi Pada Tulang

Usia yang semakin bertambah juga mempengaruhi kondisi tulang. Mengonsumsi makanan dari tepung tapioka juga dapat membantu memadatkan tulang. Hal ini berkat kandungan zat besi, kalsium, dan vitamin K yang terdapat didalamnya.

5. Mengatasi Asam Lambung

Perut yang nyeri sering disebabkan oleh kondisi maag atau asam lambung naik. Hal ini mungkin terjadi karena pola makan yang tidak teratur. Jika Anda mengalaminya sebaiknya perbanyak mengonsumsi olahan dari tepung tapioka karena singkong sebagai bahan dasarnya itu akan memberikan lapisan yang lebih tebal pada lambung.