Sikap Perfeksionis Sering Dibawa Ibu Pekerja Saat Mengurus Anak

Sikap Perfeksionis Sering Dibawa Ibu Pekerja Saat Mengurus Anak

Informasi Terkini – Ibu pekerja yang biasanya bekerja di kantor dan tiba-tiba mengambil alih pekerjaan untuk mengasuh anak sering mengalami sikap yang perfeksionis. Sikap yang seharusnya ada di dalam kantor pun bisa ikut terbawa di kala mengasuh atau merawat atau bermain dengan anak.
Selain itu, ibu yang memberikan sikap perfeksionsis saat mengasuh anak biasanya juga ingin menunjukkan kepada orang lain bahwa menjadi anak-anaknya juga masih bisa tetap berprestasi dari sikap perfeksionis yang selalu diberikannya.
Namun bukan begitu, sikap perfeksionis yang selalu diberikan saat mengasuh anak bisa berdampak pada diri sendiri dan buah hati. Dalam satu waktu dengan anak, seharusnya bisa menikmati lebih santai sehingga bisa menciptakan kondisi yang normal dan bahagia tanpa ekspetasi kesempurnaan. Dengan seperti ini diyakini level stres pun akan menurun.
Orangtua yang memiliki sifat perfeksionis lebih memiliki perasaan stres, khawatir, serta penuh tekanan karena dalam suatu hal mereka menuntut kesempurnaan. Dan bila gagal, mereka akan merasa sangat kecewa yang membuat mereka bisa mengalami stres tersebut hingga depresi.
Perfeksionis bukan hanya akan berdampak pada dirinya saja. Terkadang, sikap ini juga ikut menulari anak dan memberikan dampak buruk pada perkembangan psikologisnya. Anak yang sudah tertular sikap perfeksionis akan mengalami hal yang sama seperti orangtuanya. Ia akan banyak mengalami perasaan stres dan lain sebagainya bila hal tersebut gagal atau tidak sesuai ekspetasi.