Sikap Yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Bertengkar Hebat Dengan Pasangan

Sikap Yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Bertengkar Hebat Dengan Pasangan

Informasi Terkini – Apakah saat ini Anda sedang menjalin hubungan dengan seseorang dan kerap bertengkar karena perbedaan pendapat? Memang pada kenyataannya pertengkaran dalam sebuah hubungan merupakan hal wajar dan tanpa disadari dapat menjadi ‘bumbu’ dalam memperkuat hubungan. Namun, bagaimana jika yang terjadi adalah pertengkaran hebat yang mengancam hubungan Anda dengan pasangan? Sebelum petengkaran itu membuat hubungan berantakan, sebaiknya coba untuk menenangkan diri sebentar sambil memikirkan tindakan apa yang sebaiknya dilakukan pasca bertengkar dengan pasangan. Seperti 5 hal berikut, yang sebaiknya dilakukan setelah Anda bertengkar hebat dengan pasangan.

1. Utarakan jika pasangan sudah melewati batas

Saat bertengkar, biasanya Anda dan pasangan cenderung menggunakan nada tinggi dan tanpa disadari mengatakan hal yang menyakitkan. Jika hal ini sudah terjadi, segeralah akhiri pertengkaran. Setelah amarah mereda ingatkan pasangan jika ada ucapan atau tindakannya yang sudah melewati batas. Pasangan juga perlu tahu di mana batas kesabaran dan tolerir Anda dalam menghadapi pertengkaran.

2. Jangan ragu untuk mengakui jika Anda juga melakukan kesalahan

Pemicu pertengkaran biasanya terjadi karena perbedaan argumen antara Anda dan pasangan atau sulitnya mengakui kesalahan yang telah diperbuat. Emosi yang tersulut bisa membuat Anda mengatakan hal-hal yang menyakitkan dan pertengkaran tak dapat dihindari. Sebelum Anda menerima permintaan maaf dari pasangan, cobalah untuk memaafkan diri sendiri terlebih dulu dan memaklumi kondisi Anda yang juga sedang kacau pada saat bertengkar sehingga tidak dapat berpikir secara jernih.

3. Minta maaf dengan bersungguh-sungguh

Membuat kesalahan adalah hal yang sangat manusiawi apalagi di dalam sebuah hubungan. Jika Anda berbuat salah, maka jangan segan untuk mengucapkan maaf dengan tulus kepada pasangan. Jangan sampai gengsi dan ego membiarkan Anda larut dalam pertengkaran. Meskipun kesalahan tersebut bukanlah salah Anda sepenuhnya, coba untuk meminta maaf pada bagian kesalahan yang Anda perbuat. Hindari silent treatment yang justru akan membuat hubungan semakin renggang.

4. Mencoba memperbaiki

Tidak menjalin komunikasi setelah pertengkaran hebat umumnya menjadi salah satu sikap yang dilakukan banyak pasangan. Meskipun wajar terjadi, tetapi ada baiknya tidak dilakukan dalam waktu yang lama, ya. Karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Sikap silent treatment tidak selalu baik, bahkan bisa berujung pada perpisahan. Meminta waktu untuk menyendiri sesaat bukan masalah, tapi pastikan Anda sekadar ingin menenangkan diri dan bukan untuk menyakiti pasangan. Selain itu jangan ragu untuk menghubungi pasangan lebih dulu, pasca pertengkaran hebat.

5. Bicarakan apa yang Anda berdua rasakan dengan tenang

Komunikasi merupakan kunci utama untuk sebuah hubungan, terutama setelah pertengkaran melanda. Bicaralah satu sama lain tentang bagaimana perasaan yang Anda dan pasangan rasakan. Diskusikan permasalahan dengan terbuka dan tenang sehingga tidak ada lagi perasaan yang mengganjal, baik bagi Anda maupun pasangan. Setelah semua masalah selesai, pastikan Anda dan pasangan tidak lagi mengungkit hal ini, mengingat permasalahan telah selesai dan Anda berdua sudah menemukan jalan keluarnya.