Suka Konsumsi Jamur Tiram? Ini Manfaatnya

Jamur tiram merupakan salah satu jamur pangan yang berici-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah nya agak cekung.

Jamur tiram mengandung kalori yang rendah, sehingga jamur tiram baik untuk di konsumsi. Selin mengandung kalori, jamur tiram juga mengandung gizi yang baik bagi tubuh. Oleh karena itu, jamur baik untuk dikonsumsi. Untuk mengetahui apa saja manfaat dari mengonsumsi jamur tiram ini? Simak ulasan berikut ini.

1. Mengandung antioksidan

Ergothioneine merupakan antioksidan yang diproduksi didalam jamur tiram. Zat ini bisa memproteksi sel-sel pada tubuh. Walaupun jamur tiram sedang diolah stau dimasak, zat antioksidan ini tidak akan menghilang.

2. Memiliki komponen antibakteri

Bakteri didalam tubuh akan menghilang setelah kamu mengonsumsi makanan yang antibakteri. Seperti jamur tiram ini, antibakteri ini bernama benzaldehida yang akan menghilangka bakteri yang ada didalam tubuh.

3. Menurunkan kolesterol dan trigliserida

Kadar kolesterol dan trigliserida dapat diturunkan dengan mengonsumsi jamur tiram. Selain manusia, hewan juga bisa di beri jamur tiram, seperti yang sudah diteliti yaitu tikus. Antioksidan pada timur itu meningkat dan kadar kolesterol dan trigliserida juga menurun. Karena kandungan serat yang ada didalam jamur tiram bisa menurunkan trigliserida pada hati.

4. Mencegah kanker

Jamur tiram juga berperan untuk menangkal kanker. Dengan mengonsumsi jamur tiram, bisa menangkal pertumbuhan tumor dan mengaktifkan sel kekebalan tubuh. Beberapa kanker bisa disembuhkan, seperti kanker payudra, kulit, dan juga usus.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Para peneliti menemukan kandungan jamur tiram juga berpotensi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ekstrak pada jamur tiram bisa langsung
menguatkan sistem tubuh pada responden.