Suka Makan Ceker Ayam? Ternyata Ini Manfaatnya

Biasanya, potongan ayam yang sering digunakan adalah dada dan paha. Namun, ada juga yang suka bagian sayap dan cekernya.

Ayam mengandung protein yang tinggi dan rendah lemak, jadi potongan-potongan ayam bisa dikonsumsi, tapi harus dengan cara yang sehat. Ayam sangat bermanfaat besar bagi kesehatan tubuh kita, apalagi bagian ceker yang mengandung kolagen yang sangat tinggi. Apa saja sih manfaat mengonsumsi ceker ayam? Yuk, simak berikut ini.

1. Memperbaiki Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan-kandungan baik yang ada didalam ceker ayam, seperti fosfor, kalsium, magnesium, dan mineral, sangat dibutuhkan bagi keperluan tubuh kita. Selain itu, mineral yang ada didalamnya juga berfungsi untuk menjaga sirkulasi darah, menjaga kesehatan otot, jantung dan organ lainnya.

2. Mengandung Banyak Kolagen

Biasanya kolagen terdapat di dalam sayuran hijau atau buah-buahan yang segar. Namun, kolagen yang terkandung didalam ceker ayam dapat mencegah penuaan pada kulit, memperkuat struktur tulang, dan pembuluh darah.

3. Mencegah Kerapuhan Tulang

Dengan mengonsumsi ceker ayam secara teratur, akan memberikan manfaat untuk kesehatan tulang. Makanan ini cocok bagi orang lansia. Karena protein, kalsium, dan tulang rawan dapat menguatkan sandi dan pencegahan tulang rapuh.

4. Menjaga kesehatan gusi

Jika kamu mempunyai masalah pada gusi, kamu bisa mengonsumsi ceker ayam, tapi harus dengan teratur. Biasanya, gus yang bermasalah dikarenakan kekurangan vitamin dan nutrisi. Oleh karena itu, ceker ayam pun juga bisa untuk menambah vitamin dan nutrisi.

5. Membantu Proses Penyembuhan
Jika kamu sedang mengalami luka pada bagian tubuh yang penting, dengan mengonsumsi ceker ayam bisa mempercepat penyembuhan pada luka yang sedang kamu alami. Itu dikarenakan karena ceker ayam mengandung banyak nutrisi.

Bagi kamu yang kurang terbiasa untuk mengonsumsi ceker, sebelum memasaknya, kamu bisa mengukusnya sampai lunak. Setelahnya, kamu bisa mengolahnya menjadi kalau atau yang lainnya.