Sulit Konsentrasi Di Area Kerja Yang Terbuka? Yuk Lakukan Berbagai Cara Berikut Ini!

Sulit Konsentrasi Di Area Kerja Yang Terbuka? Yuk Lakukan Berbagai Cara Berikut Ini!

Informasi Terkini – 1. Kenakan headphone

Walaupun area kerja yang didesain open plan office mampu meminimalisir tingkat stres karyawan, tetapi cara ini tidak selalu bisa meningkatkan produktivitas kerja. Hal tersebut mungkin terjadi karena lebih banyaknya gangguan atau faktor-faktor lain yang bisa mengalihkan fokus dari tugas yang harus dikerjakan. Kalau Anda kerap mengalaminya, coba lakukan berbagai cara untuk meredam kebisingan, seperti mengenakan alat penyuara kuping atau headphone. Selain bantu meredam suara bising di area kerja, Anda juga bisa berkonsentrasi dengan memilih lagu yang bisa meningkatkan fokus Anda. Selain itu, dengan mengenakan headphone, Anda juga turut memberi ‘simbol’ sedang tak ingin diganggu.

2. Rehat secara berkala

Meskipun area kerja open office plan disebut baik bagi kondisi mental karyawan, tapi sebenarnya kebanyakan orang tidak ingin dipaksa untuk selalu berdekatan dengan orang lain sepanjang waktu. Jika Anda merasa membutuhkan energi yang lebih besar untuk menyelesaikan pekerjaan ketika berada di area kerja terbuka, sebaiknya lakukan rehat secara rutin selama beberapa menit pada waktu tertentu. Anda bisa sekadar berjalan atau duduk di area outdoor untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran, sehingga produktivitas turut meningkat.

3. Matikan notifikasi telepon genggam

Selain riuhnya suara rekan kerja yang sedang berdiskusi, hal lain yang bisa sangat menganggu adalah notifikasi telepon genggam, termasuk milik Anda sendiri. Ketika notifikasi telepon genggam berbunyi, perhatian Anda akan sering teralihkan untuk melihatnya. Hal itu bisa diatasi dengan mematikan notifikasi, sehingga Anda tidak akan tergoda untuk bolak-balik melihat telepon genggam. Namun jika pekerjaan Anda membutuhkan komunikasi via chat, tak ada salahnya untuk memanfaatkan aplikasi chat melalui pc atau laptop agar konsentrasi tak terpecah karena harus melihat ke arah telepon genggam.

4. Buat aturan dengan rekan kerja

Dengan area kerja terbuka, komunikasi bisa dilakukan lebih mudah antara sesama rekan kerja, baik itu diskusi serius ataupun obrolan ringan. Namun hal ini juga berarti akan ada lebih banyak gangguan dari rekan kerja. Oleh sebab itu Anda perlu membuat kesepakatan dengan rekan kerja mengenai cara terbaik untuk bisa berdiskusi tanpa merusak konsentrasi diri sendiri maupun rekan kerja lain. Misalnya saja melakukan percakapan ringan melalui aplikasi chat, membuat batasan topik pembicaraan selama jam kerja, dan lain sebagainya. Memang sepertinya canggung, tetapi bersikap jujur dan tegas akan sangat membantu pekerjaan Anda nantinya.