Suplemen Yang Aman Dikonsumsi Selama Puasa Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Suplemen Yang Aman Dikonsumsi Selama Puasa Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Informasi Terkini – Ramadan yang datang setiap tahun sekali tentu tak ingin dilewati dengan sia-sia. Untuk itu, setiap orang berlomba-lomba untuk memenuhi kewajiban berpuasa selama kurang lebih 13 jam. Namun, tentu tidak akan pas jika puasa tanpa dibarengi dengan mengonsumsi suplemen. Hal ini dikarenakan tubuh rentan kekurangan gizi. Pasalnya, waktu untuk mendapatkan asupan nutrisi selama bulan puasa sangat terbatas, sumber energi yang didapat pun akhirnya menjadi minim, sedangkan tubuh memerlukan asupan mineral dan vitamin selama periode puasa tersebut untuk membentuk energi. Untuk menghindari tubuh kekurangan gizi, Anda dapat mengonsumsi suplemen kesehatan agar keseimbangan tubuh tetap terjaga. Untuk itu, yuk simak jenis suplemen apa saja yang baik dikonsumsi saat bulan puasa:

1. Suplemen yang mengandung mineral

Jenis mineral yang penting bagi tubuh seperti kalsium, magnesium, zat besi, dan fosfor sangat penting dalam menjaga kesimbangan metabolisme dalam tubuh. Tanpa mineral tersebut, tentu metabolisme dalam tubuh tak bisa berjalan dengan baik sehingga mengakibatkan Anda rentan terserang penyakit. Misalnya saja zat besi dan kalsium yang baik dalam mengatur sistem imunitas tubuh, serta magnesium yang berperan penting dalam mengoptimalkan relaksasi otot.

2. Suplemen dengan kandungan multivitamin

Jenis-jenis vitamin yang banyak memberikan manfaat saat berpuasa seperti B2, B6, dan B12 dipercaya dapat menambah energi. Untuk itu, disarankan untuk mengonsumsi suplemen dengan kandungan multivitamin sehingga dapat mencukupi kebutuhan gizi dalam tubuh. Mutivitamin yang lengkap ini juga dapat menyeimbangkan makanan berlemak yang Anda konsumsi saat berbuka puasa dengan menggantikannya dengan kebutuhan asupan gizi. Dikarenakan vitamin jenis ini mudah larut dalam air, Anda dapat meminumnya saat sahur.

3. Suplemen yang mengandung vitamin C

Jika Anda termasuk orang yang cukup sibuk, mengonsumsi suplemen dengan kadungan vitamin C memainkan peranan yang cukup penting dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh. Bagaimana tidak, vitamin C bermanfaat dalam membantu pemulihan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Antioksidan di dalamnya juga membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas. Tak hanya itu, vitamin C juga membantu penyerapan zat besi dari makanan sehingga kekebalan tubuh dapat bekerja dengan baik. Agar perut tak perih saat mengonsumsi vitamin C, direkomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya 500 miligram per hari ditambah dengan memakan buah dan sayur.

4. Minuman dengan kandungan isotonik

Keseimbangan ion tubuh dan resikonya terhadap dehidrasi bisa jadi ancaman saat Anda berpuasa. Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya menjaga ion tetap seimbang dengan mengonsumsi minuman isotonik. Minuman ini dipercaya dapat mengembalikan ion tubuh yang hilang akibat dehidrasi dan berperan sebagai pengganti cairan yang hilang. Perlu Anda perhatikan, minuman isotonik buatan bisa saja terbuat dari gula tambahan sehingga tak baik bagi tubuh. Sebaiknya Anda menggantinya dengan minuman isotonik alami seperti air kelapa.

5. Suplemen dengan kandungan probiotik

Pernah merasa pencernaan tak lancar selama puasa? Nah, hal ini bisa dihindari dengan mengonsumsi produk suplemen yang mengandung probiotik dan prebiotik. Kandungan prebiotik dapat menjaga kesehatan pencernaan dalam usus sekaligus meningkatkan penyerapan kalsium. Sedangkan probiotik dapat menjaga tubuh tetap sehat secara keseluruhan dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Makanan seperti pisang, kedelai, gandum, dan bawang-bawangan juga dapat membantu dalam meningkatkan sumber prebiotik.