Susah Memulai Pembicaraan Dengan Orang Lain? Yuk, Simak 7 Tipsnya Ini

Pernah gak merasa malu untuk memulai pembicaraan dengan orang lain? Bisa aja hal ini dialami oleh para introvert sehingga membuatnya menjadi beban tersendiri. Padahal, pembicaraan awal ini bisa menjadi ‘first impresion’ orang lain terhadap kita. Agar Anda tak lagi kaku saat memulai bicara dengan orang lain, simak tips-tips berikut ini.

1. Iyakan ajakan hangout di luar jam kerja

Baru memulai kerja di tempat baru tentu mendapatkan rekan kerja yang baru pula. Biasanya, hal ini akan membuat Anda minder untuk memulai perkenalkan terlebih dahulu. Agar terlihat lebih akrab, Anda bisa meng-iyakan ajakan rekan kerja untuk hangout selepas jam kerja. Hal ini bisa menjadikan diri Anda lebih ekspresif dan asik bersama kawan baru di tempat kerja. Asal jangan bersikap berlebihan, ya!

2. Bicara dengan jelas

Orang yang pemalu akan mudah merasa rendah diri. Saat orang lain meminta Anda untuk mengulangi perkataan Anda, bisa saja Anda merasa ada yang salah dengan diri kita. Nah, agar hal ini terhindar, Anda bisa mencoba berbicara dengan jelas dan lugas.

3. Menyapa duluan

Ketika berpapasan dengan orang yang dikenali, Anda bisa memberikan senyum dan sapa terlebih dahulu. Hal ini akan memeberikan kesana bahwa diri Anda adalah orang yang terbuka dan dapat diajak berinteraksi.

4. Beri pujian

Berbicara empat mata akan lebih nyaman untuk orang introvert. Nah, jadikan hal ini sebagai kekuatan Anda untuk memulai pembicaraan dengan orang lain. Anda bisa melakukannya dengan memuji sepatu atau tas cantik yang dikenakan oleh lawan bicara.

5. Berbagi yang Anda rasakan

Biasanya orang akan lebih banyak terkoneksi karena terdapat kesamaan diantara mereka. Anda pun bisa memulainya untuk berbicara dengan orang lain.

6. Tanya tentang lawan bicara Anda

Pastikan untuk menjadi pendengar yang baik dan selalu menanyakan pendapat lawan saat berbicara mengenai suatu hal. Sikap ini akan membuat Anda menjadi ramah dan tidak egois.

7. Bahas tema yang ringan

Agar lebih akrab dengan relasi Anda, gunakan small talk atau basa-basi yang enak dibahas. Anda pun bisa sekedar bertanya kabar, cuaca, atau hotline news yang sedang viral.

Berbicara mungkin tidak mudah bagi beberapa orang. Itulah tips yang bisa bikin Anda mudah bergabung dengan orang lain tanpa bikin diri Anda kaku. Anda bisa mempraktikkannya agar terlihat lebih perfect. Selamat mencoba!