Susu Pasteurisasi Dan Susu UHT, Apa Bedanya?

Susu Pasteurisasi Dan Susu UHT, Apa Bedanya?

Informasi Terkini – Susu digemari oleh banyak orang. Tak hanya anak-anak, semua kalangan dari anak-anak hingga lanjut usia banyak yang menyukai susu. Selain rasanya yang nikmat, susu tentunya juga megandung khasiat tersendiri bagi tubuh manusia.
Saat ini, jenis susu sangatlah beragam. Ada susu bubuk, susu segar, susu krim, susu kedelai, susu UHT, dan susu pasteurisasi. Namun, apakah sebenarnya susu pasteurisasi dan susu UHT?
Ya, susu pasteurisasi merupakan susu segar yang mempertahankan kualitas tanpa mengurangi kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam susu tersebut. Susu ini memiliki kekurangan, yakni susu ini hanya bisa bertahan hingga 3-4 jam saja. Bahkan, bila kemasannya sudah terbuka, susu ini sangat disarankan untuk langsung diminum karena mungkin akan terjadi kontak antara susu dengan mikroorganisme jahat. Ketika hal ini terjadi, tentu akan mengubah kualitas dari susu pasteurisasi tersebut.
Sementara, untuk susu UHT atau Ultra High Temperature merupakan susu segar dengan teknologi yang lebih canggih untuk memberikan ketahanan pada susu hingga beberapa bulan. Teknologi Ultra Hight Temperature itu dibuat untuk membunuh bakteri dan spora yang ada di dalam susu sehingga bisa membuat susu ini bisa disimpan lebih lama meskipun dalam suhu ruangan.