Tak Bikin Iritasi, Ini 6 Tips Mencukur Di Rumah

Beberapa bagian tubuh memang menumbuhkan bulu halus, seperti ketiak, kumis, dan area kemaluan. Namun, beberapa bulu di bagian ini lebih cepat tumbuh dibandingkan lainnya. Akhirnya, sebagian orang merasa risih terhadap bulu yang semakin tumbuh ini.

Memang, beberapa ahli menyarankan untuk melakukan waxing ketika menghilangkan bulu di kemaluan maupun ketiak. Tapi, cara ini terbilang cukup sakit jika dilakukan sendiri di rumah. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa menerapkan 6 tips berikut ini. Apa saja?

1. Pakai produk exfoliating

Sebelum memulai proses pencukuran, pastikan untuk menyiapkan kulit yang akan dicukur menjadi lembut. Hal ini bisa diperoleh dengan mengaplikasikan produk ekfoliating yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menempel di kulit.

2. Jangan lupa pelembap

Sebelum mencukurnya, pastikan untuk tetap menjaga kulit agar tetap lembap. Hal ini akan mempermudah kamu untuk melakukan cukuran dan kulit tidak mudah mengalami iritasi.

3. Pilah-pilih pisau cukur

Pisau untuk mengukur juga harus tajam dan memiliki lebih dari satu mata pisau. Hal ini akan memberikan kelancaran dalam proses pencukuran. Jangan pula gunakan pisau yang sudah berkarat atau berjamur.

4. Gunakan krim cukur

Agar proses mencukur lebih mudah, gunakan krim, gel atau kondisioner emolien terlebih dahulu untuk menciptakan permukaan kulit yang akan dicukur menjadi licin.

5. Perhatikan arah pertumbuhan bulu kemaluan

Gerakan mencukur bulu harus diperhatikan karena harus searah agar mencegah rambut tumbuh ke dalam. Jika hal ini terjadi kulit bisa mengalami iritasi hingga luka.

6. Moisturize and smooth

Setelah proses mencukur selesai, pastikan untuk mengeringkan kulit dan mengoleskannya pelembap. Hal ini akan memberikan kulit yang terbebas dari iritasi.