Tak Hanya Bikin Segar, Ini Manfaat Mengonsumsi Semangka

Kamu pastinya sudah tidak asing lagi kan dengan buah semangka? Buah ini sering dikonsumsi ketika cuaca sedang terik karena kandungan airnya dapat membantu menyegarkan tubuh. Selain itu, rasanya yang manis juga akan menambah nilai lebih pada buah semangka.

Tak hanya itu, semangka juga memiliki kandungan lainnya seperti vitamin A, B6, dan C, serta likopen, antioksidan, asam amino dan sebagainya. Berikut ini manfaat semangka bagi tubuh yang bisa kamu peroleh.

1. Melawan sel kanker

Adanya kandungan likopen tinggi membuat semangka bisa menurunkan risiko kanker. Hal ini bekerja dengan cara mengurangi protein yang terlibat pada pembelahan sel. Likopen ini sudah cukup terkenal karena bersifat antikanker sehingga sudah tersedia juga secara biologis.

2. Menjaga kesehatan mata

Fungsi indera mata sangatlah vital bagi kehidupan kita. Untuk itu, semangka bisa kamu gunakan untuk menjaga kesehatannya karena terdapat kandungan beta karoten, vitamin A dan C, lutein serta zeaxanthin.

3. Proses pemulihan tubuh sehabis olahraga

Ketika berolahraga, tubuh kita secara tidak langsung akan merasa lemas karena sel-sel pada otot akan bergantung pada glikogen untuk penyimpanan karbohidrat di otot. Nah, mengonsumsi buah semangka akan membantu memulihkan glikogen yang terkuras sehingga membuatnya terisi kembali, kamu pun akan lebih bertenaga.