Tak Hanya Buah, Kulit Jeruk Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan

Tak Hanya Buah, Kulit Jeruk Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan

Informasi Terkini – Sebagian besar orang memilih jeruk dalam pemilihan konsumsi buah. Hal ini bisa disebabkan karena jeruk memiliki kandungan vitamin C yang banyak serta buahnya pun bisa didapatkan dengan mudah dan murah. Akan tetapi, tak hanya buah, kulit jeruk ternyata bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh.
Tapi, kulit jeruk ini jangan dikonsumsi mentah-mentah. Anda bisa memarutnya lalu dicampurkan dengan aneka hidangan menu seperti smoothie, salad, pie, dan sebagainya. Atau Anda juga bisa membuatnya sebagai salad dressing.
Yuk, lihat ulasan di bawah ini betapa pentingnya kulit jeruk:
1. Melindungi dari kanker
Kanker merupakan suatu penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh. Hal ini dikarenakan ketika kanker sudah berkembang dan menyebar di dalam tubuh, kemungkinan untuk sembuh sangatlah kecil. Selain itu, risiko mengalami penyakit komplikasi lainnya bahkan kematian sangatlah besar. Oleh sebab itu, memanfaatkan kulit jeruk yang memiliki kandungan antioksidan bisa membantu dalam mencegah segala bentuk kerusakan sel-sel yang disebabkan oleh radiasi sehingga kita bisa terhindar dari penyakit kanker.
2. Mencegah diabetes
Penyakit diabetes bisa dicegah dengan memanfaatkan kulit jeruk yang terdapat kandungan flavones polymethoxylated (PMFs). Adanya kandungan ini dalam kulit jeruk membantu untuk mengurangi tingkat trigliserida serum (TG) dan kolesterol yang merupakan salah satu faktor pemicu penyakit diabetes.
3. Menurunkan tingkat kolesterol
Seperti yang disebutkan di atas, kulit jeruk bisa digunakan untuk menurunkan tingkat kolesterol. Hal ini tentunya bisa menurunkan risiko tubuh terkena penyakit yang berhubungan dengan tinggi kolesterol seperti diabetes, obesitas, jantung, dan lainnya.
4. Meningkatkan pencernaan
Gangguan pencernaan sering terjadi pada beberapa orang. Biasanya hal ini berupa kram, asam lambung, dan sebagainya. Dengan kulit jeruk, Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan lebih mudah.
5. Memerangi mikroba
Penyakit yang disebabkan oleh jenis-jenis mikroba seperti flu dan pilek sering menyerang tubuh. Hal ini disebabkan oleh kekebalan tubuh yang rendah sehingga mikroba mudah masuk dan menyerang tubuh. Untuk mengatasi dan mencegahnya, memanfaatkan kulit jeruk sangat disarankan. Karena dalam kulit jeruk terdapat kandungan antimikroba.