Tak Hanya Melalui Gigitan, Air Liur Hewan Bisa Sebabkan Rabies

Tak Hanya Melalui Gigitan, Air Liur Hewan Bisa Sebabkan Rabies

Informasi Terkini – Apakah Anda mengerti penyakit rabies? Ya, pwnyakit rabies merupakan penyakit menukar yang sangat berbahaya, bahkan jika dialami, penyakit ini bisa menimbulkan kematian 100 persen.
Rabies terjadi pada hewan dan manusia. Ketika terjadi pada hewan, rabies akan mudah tertular kepada manusia. Bukan hanya melalui gigitan, rabies yang terdapat pada hewan bisa menular melalui air liur yang terkena bagian tubuh manusia.
Penularan rabies pada manusia biasanya melalui gigitan hewan tersebut. Tapi, dengan luka terbuka yang ada pada bagian tubuh manusia, air liur hewan yang terkena rabies bisa menyebabkan penularan juga bila mengenainya.
Gejala yang timbul pada hewan yang terkena rabies biasanya adalah takut akan air, takut angin, mata memerah, air liur banyak, dan lidah menjulur terus menerus. Biasanya hewan yang terkena rabies akan bersembunyi di tempat yang gelap seperti di bawah meja dan lainnya.
Hewan yang sering mengalami rabies adalah anjing dan kucing. Dan ketika hewan terkena rabies, dua minggu atau paling lama tiga minggu hewan tersebut akan mati
Sama halnya gejala pada manusia. Ketika seseorang terkena penularan rabies, ia akan takut air, takut angin, takut suara dan selalu merasa gelisah. Selain itu, manusia jika terkena penularan rabies akan merasa demam, nafsu makan berkurang, sulit tidur, lemah, dan sekit kepala.
Dan ini yang paling penting, saat merasa telah mengalami gigitan hewan yang terkena rabies, Anda sebaiknya segera mencuci area yang terkena gigitan tersebut dengan menggunakan sabun serta air mengakir selama 15 menit. Lalu, segera periksakan ke pertugas kesehatan dan mereka akan memberikan serum antirabies. Memang, timbulnya gejala sejak terjadi gigitan rabies berbeda pada setiap orang. Ada yang setelah satu jam atau dua jam, ada juga yang berbulan bahkan tahunan.