Tanda Migrain Yang Anda Rasakan Mungkin Jadi Indikasi Penyakit Serius

Tanda Migrain Yang Anda Rasakan Mungkin Jadi Indikasi Penyakit Serius

Informasi Terkini – Terdapat begitu banyak faktor yang dapat menjadi pemicu migrain. Mulai dari cahaya terang, bau tertentu, makanan dan minuman, olahraga berat, stres, tidur terlalu lama, hingga kurang tidur. Mungkin Anda pun pernah atau bahkan cukup sering mengalami migrain karena beberapa faktor tersebut dan mungkin juga seringkali Anda menganggap migrain sebagai angin lalu karena toh nanti juga sembuh sendiri.

Walaupun umumnya migrain bukanlah indikasi masalah kesehatan berat, namun dilansir dari SheKnows, onkologis Dr. Paul Michael menyebutkan bahwa Anda perlu mengetahui perbedaan antara migrain biasa dan migrain di mana Anda perlu segera ke dokter. Jika sakit kepala Anda kerap timbul setelah beberapa aktivitas tertentu seperti makan berat, minum alkohol, menonton televisi dalam waktu lama, atau saat Anda sedang menstruasi dan sakit kepala ini hilang setelah beberapa jam, kemungkinan besar migrain tersebut hanya migrain biasa.

Namun, migrain ternyata juga bisa mengindikasikan penyakit yang lebih serius. Nah, inilah 3 tanda jika migrain yang Anda rasakan menjadi indikasi masalah yang lebih serius.

1. Rasa sakit membuat Anda terbangun di tengah malam

Terbangun di tengah malam mungkin terdengar normal. Namun, lain halnya apabila Anda terbangun dari tidur–baik di malam atau pagi hari–karena rasa sakit yang begitu parah. Apabila hal ini terjadi, ini adalah indikasi masalah kesehatan yang serius, bahkan mungkin menjadi indikasi adanya tumor. Apalagi jika nyeri ini juga dibarengi dengan rasa nyeri pada tubuh. Indikasi ini juga didukung dengan studi yang dilakukan J Headache Pain pada bulan November 2018, di mana ditemukan bahwa penderita tumor otak mengalami gejala awal berupa migrain.

2. Rasa sakit kronis atau berkepanjangan

Normalnya, migrain akan sembuh atau mereda dengan sendirinya dalam kurun waktu beberapa jam. Namun, apabila migrain Anda tak kunjung sembuh, bahkan berlangsung hingga beberapa hari, ini adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi dokter. Menurut Nauman Tariq, direktur Headache Center di Baltimore, Amerika, migrain kronis kerap menjadi indikasi masalah kesehatan lainnya seperti anxiety dan depresi.

3. Rasa sakit berdampak pada kondisi fisik atau mental

Apabila sakit kepala dari migrain Anda sudah berdampak secara signifikan pada keadaan mental atau fisik, besar kemungkinan migrain Anda adalah indikasi masalah yang lebih serius. Contoh dampak migrain pada kondisi mental di antaranya adalah rasa cemas yang meningkat atau emosi kurang stabil, sedangkan dampak migrain pada kondisi fisik dapat berupa rasa lemas pada tangan atau kaki. Beberapa gejala lainnya yang perlu diwaspadai adalah apabila migrain Anda diikuti dengan kesulitan berbicara, rasa bingung, hingga kejang.

Kenapa gejala yang berdampak pada kondisi mental dan fisik ini perlu diwaspadai? Pasalnya, menurut studi dari British Medical Journal di tahun 2016, wanita yang mengalami migrain memiliki risiko lebih tinggi, bahkan hingga 50%, pada masalah jantung dan stroke. Oleh karena itu, apabila Anda mengalami salah satu atau lebih dari satu gejala di atas, segera konsultasikan ke dokter, ya!