Tanda Tubuh Kelebihan Garam, Salah Satunya Bikin Cepat Dehidrasi

Tubuh memang membutuhkan konsumsi garam, namun dalam jumlah yang tepat. Dalam sehari, tubuh dianjurkan untuk membatasi konsumsi garam maksimal 5 gram atau satu sendok teh. Namun, banyaknya makanan yang dikonsumsi dan memiliki kandungan garam membuat tubuh kita menyerap garam dalam jumlah yang banyak. Akhirnya, tubuh kita akan mengalami kelebihan garam dan berisiko terhadap penyakit serius, seperti darah tinggi, stroke, hingga kanker perut.

Sebenarnya, tubuh yang kelebihan garam bisa dilihat tanda-tandanya. Nah, agar tidak salah, berikut ini tanda yang mungkin terjadi saat tubuh kamu kelebihan konsumsi garam. Apa saja?

1. Merasa haus terus
Tubuh yang kebanyakan garam akan membuat tubuh menyeimbangkan cairan didalamnya. Hal inilah yang membuat kamu merasa haus padahal sudah banyak minum. Karena banyaknya natrium dalam garam yang masuk membuat tubuh merasa bahwa kandungan cairan tidak cukup untuk menyeimbangkan jumlah natrium.

2. Merasakan kembung
Natrium yang terdapat dalam garam dapat mengambang di darah, membuat air meninggalkan sel, dan menyebabkan terjadinya pembengkakan. Selain bikin haus, natrium yang berlebihan ini dapat menyebabkan reaksi kembung pada perut.

3. Sering alami sakit kepala
Sakit kepala memang kondisi yang membuat kita sulit. Jika hal tersebut terjadi tanpa alasan, kamu bisa mencecek makanan apa yang kamu konsumsi terakhir kali. Hal ini dapat menjadi pertimbangan bahwa makanan tersebut mengandung banyak garam sehingga pembuluh darah di otak menjadi mengembang. Kondisi inilah yang menyebabkan sering sakit kepala saat banyak konsumsi garam.

4. Makanan Anda jadi hambar
Kebiasaan mengonsumsi makanan terlalu banyak garam membuat selera kamu menjadi berubah. Kadar asin yang ditimbulkan oleh garam membuat makanan yang sebenarnya sudah asin menjadi hambar melewati lidah.