Tekanan Darah Rendah Setelah Operasi, Apa Penyebabnya?

Tekanan Darah Rendah Setelah Operasi, Apa Penyebabnya?

Informasi Terkini – Setelah operasi, beberapa jam berikutnya merupakan masa kritis yang perlu diwaspadai. Sebab, ini merupakan masa pemulihan setelah melakukan pembedahan dalam operasi. Hal ini dapat memunculkan berbagai hal bahkan masalah, seperti tekanan darah rendah.
Saat kondisi pasien mengalami tekanan darah rendah setelah operasi, hal ini harus segera ditangani. Karena bila tidak, pasien bisa mengalami kekurangan oksigen yang akhirnya berdampak pada kerusakan organ jantung hingga otak.
Nah, apa sih yang sebenarnya yang menyebabkan tekanan darah menurun setelah operasi? 4 hal berikut bisa menjawab pertanyaan Anda itu.
1. Efek obat bius
Selama operasi, Anda akan diberikan obat bius agar tertidur dan tidak merasakan sakit atau lainnya ketika dilakukan pembedahan. Nah, penurunan tekanan darah dapat dikarenakan efek dari obat bius ini. Segera minta bantuan dokter ketika hal ini terjadi, karena dokter akan menyuntikkan obat-obatan tertentu pada infus untuk mengatasinya.
2. Hipovolemia
Hipovolemia adalah penurunan jumlah darah dalam tubuh. Hal ini umumnya terjadi setelah operasi. Sebab, meski Anda hanya melakukan operasi kecil dan tidak mengalami perdarahan, akan tetapi, besarnya sayatan ketika operasi membuat air yang menguap dari permukaan jaringan tubuh juga semakin besar. Dokter biasanya akan memberikan bantuan dengan menyuntikkan cairan melalui infus maupun langsung ke pembuluh darah pasien.
3. Sepsis
Sepsis merupakan peradangan yang terjadi dalam tubuh karena masuknya virus atau bakteri yang kemudian menginfeksi tubuh. Hal ini menyebabkan dinding pembuluh darah kecil bocor dan membuat darah keluar ke jaringan lain. Akhirnya, tekanan darah pun bisa menurun.
Kondisi ini sangat berbahaya. Jadi, segera hubungi dokter bila hal ini terjadi. Dokter biasanya akan memberikan obat vasopresor yang dapat mengencangkan kembali pembuluh darah yang bocor sehingga aliran darah bisa kembali normal.
4. Masalah jantung
Tekanan darah menurun setelah operasi bisa disebabkan karena masalah jantung. Jantung yang bermasalah itu membuat jantung menjadi sulit untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Akhirnya, suplai darah pun menjadi berkurang.
Anda bisa mengobatinya dengan minum obat-obatan, seperti beta-blocker yang dapat mengobati penyakit jantung.