Ternyata, Menggunakan Arang Untuk Perawatan Kecantikan Punya Manfaat Yang Bagus Lho!

Ternyata, Menggunakan Arang Untuk Perawatan Kecantikan Punya Manfaat Yang Bagus Lho!

Informasi Terkini – Arang. Satu lagi bahan alami yang kini banyak dilirik orang untuk perawatan tubuh. Meski bentuknya tak cantik dan kesannya kotor, tapi ternyata arang punya kemampuan maksimal dalam membersihkan kulit. Tidak hanya itu, ada berbagai manfaat lain yang membuat arang perlu ada dalam beberapa produk perawatan tubuh Anda. Simak berbagai manfaat arang yang mungkin belum Anda ketahui berikut ini!

1. Meredakan Bekas Gigitan Serangga dan Iritasi Kulit

Tersengat lebah atau jari Anda teriris pisau saat memasak? Serahkan masalah ini pada arang. Bahan alami memiliki kemampuan untuk mempercepat proses penyembuhan. Mengoleskan arang dalam bentuk pasta pada kulit dapat membantu meredakan berbagai masalah ringan seperti gigitan serangga, luka bakar, maupun luka tergores. Kandungan arang akan menyerap racun dan mencegah infeksi pada kulit. Untuk membuat pasta arang, Anda bisa mencampurkan bubuk arang dan air lalu aduk hingga membentuk tekstur seperti pasta.

2. Memiliki Manfaat Anti-Bakteri dan Anti-Jamur

Arang juga memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur, maka tak heran banyak produk kecantikan yang memanfaatkan arang sebagai bahan utama. Sifat anti-bakteri pada arang disebut ampuh mencegah berbagai bakteri dan kotoran yang menyebabkan jerawat di wajah. Selain itu, dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa bakteri E. coli dapat hancur saat berinteraksi dengan kandungan arang aktif.

3. Menyeimbangkan Produksi Minyak di Kulit

Anda yang punya jenis kulit berminyak bisa merasa lega nih. Untuk mendapatkan wajah yang lembap dan produksi minyak yang lebih seimbang, Anda bisa rutin memanfaatkan kandungan arang secara langsung. Anda bisa memilih masker atau produk pembersih wajah dengan kandungan utama arang. Agar wajah tidak menjadi kering setelah penggunaan, cukup lakukan rutin selama 1-2 kali dalam seminggu saja, ya!

4. Dapat Memutihkan Gigi

Rutin mengonsumsi kopi dan teh serta punya kebiasaan merokok membuat gigi cepat terlihat kuning. Untuk mengembalikan warna alaminya, Anda bisa manfaatkan arang. Untuk menggunakannya, Anda bisa memakai pasta gigi berbahan arang atau menggosokkan arang pada gigi. Arang secara efektif akan menyerap kandungan organik yang ditinggalkan oleh wine, kopi, teh, maupun nikotin pada gigi. Meski bersifat detox, tapi efek putih yang dihasilkan tidak akan terlihat instan. Anda tetap perlu rutin membersihkan gigi untuk mendapat hasil maksimal.

5. Redakan Ketombe dan Menyehatkan Kulit Kepala

Mengandalkan sifat arang sebagai detox dengan menyerap berbagai kotoran, arang juga efektif dimanfaatkan sebagai pembersih kulit kepala. Anda yang punya masalah rambut berminyak dan ketombe bisa melirik arang sebagai bahan ampuh untuk mengatasi masalah Anda. Arang cocok digunakan oleh Anda yang punya jenis rambut normal dan berminyak. Coba gunakan sampo berbahan arang atau gosokkan arang secara lembut sebelum keramas dengan sampo kesayangan Anda. Tapi, tetap perhatikan jumlah dan kuantitas penggunaannya ya, karena arang dapat membuat kulit kepala menjadi kering.