Ternyata Orang Dengan Sifat Sarkastik Layak Untuk Dijadikan Sahabat Lho!

Ternyata Orang Dengan Sifat Sarkastik Layak Untuk Dijadikan Sahabat Lho!

Informasi Terkini – Dalam lingkungan pertemanan, Anda tentu akan bertemu dengan berbagai karakter yang berbeda, tak terkecuali pribadi yang memiliki sifat gemar ceplas-ceplos dan tak ragu mengungkapkan perasaannya tanpa ‘filter’, atau mengungkapkan sindiran yang tajam. Memiliki teman seperti ini terkadangmemang bisa membuat tidak nyaman. Namun, berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh Francesca Gino dari Harvard Business School, Adam Galinsky, the Vikram S. Professor di Columbia Business School, serta Li Huang dari INSEAD, menemukan fakta bahwa sebenarnya orang-orang dengan sifat sarkastik memiliki banyak kelebihan seperti lebih kreatif, lebih cerdas dan lebih bisa dipercaya. Nah, sebelum Anda terlalu cepat memutuskan untuk menjauhi teman dengan sifat sarkastik, yuk, coba ketahui terlebih dahulu 5 alasan mengapa orang dengan sifat sarkastik sangat layak untuk dijadikan sahabat!

1. Tidak mudah ‘baper’ atau sakit hati

Bila Anda memiliki teman yang sedikit-sedikit tersinggung atau sakit hati, mungkin hal tersebut lama-lama akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Namun, tidak demikian dengan orang sarkastik. Alih-alih merasa baper atau tersinggung, mereka akan lebih bersikap cuek dan tidak memedulikan perkataan pedas yang dilontarkan oleh orang lain. Mereka yang sering ceplas-ceplos juga tidak akan merasa marah jika menerima perlakuan yang sama. Karena sifat inilah, mereka layak untuk dijadikan teman dekat.

2. Tidak ragu mengatakan yang sebenarnya

Sudah jelas bahwa orang dengan sifat sarkastik dikenal dengan sikapnya yang suka ceplas-ceplos dan seakan tidak peduli dengan kata-kata yang dilontarkannya. Namun, di balik sikapnya tersebut, sebenarnya mereka mengatakan yang sejujurnya dari dalam hati tanpa merasa ada yang perlu ditutupi. Bagi orang yang bersifat sarkastik, akan lebih baik jika mereka mengatakan sesuatu yang jujur tapi terdengar tidak menyenangkan dari pada harus mengeluarkan kata-kata ‘manis’ yang sebenarnya menjerumuskan.

3. Membuat Anda belajar melawan perlakuan negatif dengan sikap santai

Tidak seburuk yang Anda kira, bersahabat dengan orang dengan sifat sarkastik lama-lama juga akan membuat Anda memiliki sifat yang sama, lho. Positifnya, seiring berjalannya waktu Anda juga tidak akan mudah ‘baper’ dan santai menghadapi perkataan orang lain. Mereka akan membuat Anda mengerti dan menyadari bahwa terlalu banyak memikirkan perkataan atau pendapat orang lain hanya membuat hati lelah.

4. Teman yang setia

Meski sering menunjukkan sikap sedikit menyebalkan karena kata-kata yang diucapkannya, orang dengan sifat sarkastik bisa menjadi teman dan sahabat yang setia. Di balik sikapnya, mereka mampu membedakan orang yang tulus berteman dan tidak. Karenanya, bila Anda bersahabat dan cocok dengannya, hubungan persahabatan bisa terjalin lama. Mereka yang memiliki karakter sarkastik akan bersikap terbuka dan itu adalah kunci dari persahabatan yang langgeng.

5. Lebih suka bersikap apa adanya

Orang sarkastik yang sering ceplas-ceplos cenderung hidup dengan sikap apa adanya dan enggan berusaha menjadi orang lain dalam bergaul dan berkomunikasi. Bagi mereka, berpura-pura bersikap ‘sok baik’ dan menjadi orang lain hanya akan membuat mereka merasa lelah. Karenanya, mereka lebih suka menunjukkan diri mereka yang sebenarnya supaya orang lain mengenal dan menerima seperti mereka yang tidak suka menuntut orang lain sesuai harapan mereka.