Ternyata Selama Ini Kebanyakan Penyakit Diabetes Dapat Merusak Indera Mata Pengidapnya

Ternyata Selama Ini Kebanyakan Penyakit Diabetes Dapat Merusak Indera Mata Pengidapnya

Informasi Terkini – Sebelum mengetahui cara mencegah kebutaan akibat diabetes, Anda perlu tahu mengapa diabetes bisa merusak mata. Penyakit mata diabetes terdiri dari retinopati diabetik, katarak, glaukoma, dan edema makula diabetik. Di antara keempat penyakit tersebut, retinopati diabetik menjadi kondisi paling umum yang bisa menyebabkan kebutaan.

Saat Anda memiliki diabetes, tandanya kadar gula darah Anda jauh lebih tinggi dibandingkan dengan orang sehat lainnya. Glukosa darah yang terlalu tinggi lama-lama bisa merusak fungsi retina. Retina merupakan lapisan di belakang mata yang berfungsi untuk mengubah cahaya menjadi sinyal saraf lalu dikirim ke otak sehingga Anda bisa melihat.

Untuk dapat menjalankan fungsinya retina membutuhkan banyak pembuluh darah kecil di sekitar. Pada kondisi penderita diabetes, berarti kadar gula di dalam darah meningkat, jika berlangsung terus-menerus tanpa terkontrol dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Hal inilah yang menyebabkan terganggunya fungsi retina dan menyebabkan Anda tidak bisa melihat (kebutaan).

Dari awal Anda menderita diabetes hingga terjadi kebutaan tidak terjadi cepat. Biasanya pada tahapan awal retinopati diabetes, Anda tidak menyadari adanya gangguan penglihatan. Namun, lama-kelamaan Anda akan merasakan pandangan buram dengan penurunan penglihatan secara bertahap, terlihat bayangan benda yang kecil hingga besar melayang-layang saat Anda melihat (floaters), nyeri dan kemerahan pada mata hingga akhirnya Anda merasakan tidak dapat melihat (kebutaan).