Ternyata, Tomat Tidak Bisa Dikonsumsi Untuk Penderita Ini

Ternyata, Tomat Tidak Bisa Dikonsumsi Untuk Penderita Ini

Informasi Terkini – Sayuran memang penting untuk dikonsumsi karena banyak kandungan gizi yang dapat menyehatkan tubuh. Salah satunya tomat. Tomat mengandung banyak vitamin dan sumber zat gizi lain yang dapat memenuhi nutrisi tubuh. Namun, meski bermanfaat, ternyata beberapa orang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi tomat. Mengapa demikian? Simak ulasannya berikut.
1. Penderita iritasi usus besar
Tomat memang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Namun, bagi penderita iritasi usus sebaiknya jangan mengonsumsinya berlebihan. Sebab tomat bisa memperburuk gejala bahkan kembung.
2. Penderita maag
Kamu yang memiliki riwayat penyakit maag sebaiknya hati-hati dalam mengonsumsi tomat. Hal ini dikarenakan tomat mengandung asam malat dan sitrat yang dapat membuat tubuh memproduksi asam berlebih sehingga penyakit makin parah dan buruk.
3. Penderita batu ginjal/penyakit ginjal
Umumnya, orang yang menderita penyakit ginjal diminta untuk menghindari makanan yang mengandung banyak kalium. Nah, tomat mengandung hal tersebut. Selain itu, tomat juga kaya akan oksalat yang bisa berisiko batu ginjal.
4. Penderita hipoglikemia
Seseorang yang memiliki gula darah rendah atau hipoglikemia juga disarankan untuk tidak mengonsumsi tomat. Hal ini dikarenakan tomat justru akan menurunkan gula darah di tingkat paling rendah. Kamu bisa mengalami pusing, berkeringat, hingga pandangan kabur saat mengalami kondisi ini.
Namun, bagi kamu penderita diabetes justru mengonsumsi tomat sangat disarankan.
5. Saat migrain
Migrin atau sakit kepala sebelah memang sangat menganggu. Nah, sebelum benar-benar sembuh sebaiknya jangan konsumsi tomat karena hal ini bisa menyebabkan migrain makin parah.
6. Saat kram otot
Kamu yang mengalami kram otot sebaiknya jangan dulu konsumsi tomat. Kandungan senyawa histamin yang ada di dalamnya dapat menyebabkan nyeri sendi dan peradangan saat sistem imun bereaksi dengan protein.
7. Penderita kanker prostat
Penderita kanker prostat juga diminta untuk waspada dalam mengonsumsi tomat. Sebab, tomat bisa menyebabkan kondisi gejala kanker prostat makin parah.