Tidak Bisa Lepas Dari Gadget? Hati-Hati, Mungkin Ada Efek Buruknya Pada Kecantikan Anda

Tidak Bisa Lepas Dari Gadget? Hati-Hati, Mungkin Ada Efek Buruknya Pada Kecantikan Anda

Informasi Terkini – Memasuki era modern, tantangan dalam merawat kesehatan wajah seakan makin meningkat. Kalau sebelumnya polusi udara serta paparan sinar matahari sudah cukup jadi penyebab utama berbagai masalah kulit, saat ini sumber kerusakan kulit juga bisa terjadi di dalam ruangan loh. Bahkan yang lebih parah efek buruk ini mengintai kulit Anda setiap saat. Hmm, coba diingat-ingat lagi, dalam sehari berapa lama Anda menghabiskan waktu menatap layar gadget? Baik itu layar laptop ataupun handphone.

Menurut lembaga survey Nielsen, di tahun 2014 saja, rata-rata dalam sehari orang menghabiskan waktu 11 jam menggunakan media elektronik. Sebelum Anda menyesal karena tanda-tanda penuaan dini makin cepat hadir, atau makin terlihatnya lingkar hitam di mata, sebaiknya bekali diri Anda dengan berbagai perawatan yang bisa membantu mengatasi permasalahan pada kecantikan wajah di era modern ini.

1. Leher Mudah Keriput

Tahukah Anda kebiasaan menunduk dan menatap layar handphone dalam waktu lama juga bisa berpengaruh pada tampilan leher? Saat Anda menggeser kursor di layar handphone secara cepat dan kepala bergerak naik turun, akan terjadi pengenduran kulit. Karena posisi ini memberikan beban tambahan pada tulang dan otot yang berada di sekitar leher. Coba luangkan waktu 5-15 menit untuk melakukan pemijatan pada leher dan rahang saat menggunakan serum maupun pelembap wajah.

Sekalian sambil stretching juga penting lho. Coba pilih gerakan dasar yang biasa dulu kita lakukan saat senam di sekolah saja, itu sudah membantu mengendurkan otot leher yang tegang. Kebiasaan ini juga mampu melatih otot dan mencegah kulit kendur. Jika Anda ingin berinvestasi lebih, ada alat kecantikan yang bisa merawat area leher secara menyeluruh seperti Crystal Clear Rewind10 Super Sonic Neck firm and Lift Duo Throat Ionic Device dan Prai Ageless Throat Ionic Serum. Bagi Anda yang menyukai perawatan relaksasi seperti pijat, mulai sekarang coba cari spa yang menyediakan perawatan facial pilates treatment.

2. Efek Buruk layar Komputer

Bekerja di dalam ruangan memang membuat kita lebih aman dari polusi udara. Nggak perlu ada yang dikhawatirkan lagi dong? Eits, tunggu dulu… Ada bahaya lain yang bisa mengancam kulit walau kita berada di dalam ruangan. Kebiasan menatap layar komputer selama 8 jam juga bisa memberi efek tidak baik. Ada sinar biru serta radiasi elektormagentik yang dihasilkan layar komputer yang dapat mempercepat proses penuaan dini. Bahkan radiasi yang dihasilkan dari layar ini dapat memasuki kulit lebih dalam melebihi kemampuan UVB dan UVA. Lebih lanjut, efek radiasi dari layar komputer akan menyebabkan hiperpigmentasi dan inflamasi.

Tapi menurut pendapat ahli, seiring perkembangan teknologi, kualitas layar LCD atau layar dapat mampu menekan efek buruk radiasi layar. Ada baiknya untuk berjaga-jaga menangkal efek buruk ini dengan mengonsumsi vitamin C serta gunakan produk skin care seperti serum, pelembap, dan sunscreen.

3. Kulit Area Pipi Mudah Berjerawat

Tahukah Anda jumlah bakteri yang bersarang di layar handphone cenderung lebih banyak dibandingkan bakteri yang terdapat pada dudukan toilet? Nah kalau Anda sering bermasalah dengan jerawat yang muncul di area pipi, coba perhatikan lagi kebersihan layar handphone Anda. Setiap kali Anda menggunakan handphone untuk menelepon, bakteri pada jari akan berpindah, sehingga jumlah bakteri pun semakin bertambah. Selain itu terlalu lama menerima telepon tanpa menggunakan earphone dapat menyebabkan bakteri yang berada di layar berpindah pada kulit di area pipi. Jadi sebaiknya maksimalkan penggunaan earphone setiap kali Anda menerima telepon, atau selalu sediakan tisu antibakteri di dalam tas untuk memudahkan Anda dalam membersihkan layar handphone.

4. Mata Mudah Lelah

Menatap layar tanpa henti selama berjam-jam bisa menyebabkan kelelahan pada mata. Selain area kulit di sekitar mata lebih gelap, mata juga terlihat tidak fresh dan mengendur. Coba sediakan tanaman hijau di samping layar komputer Anda, karena melihat objek berwarna hijau cenderung mampu meredakan rasa lelah pada mata. Selain itu maksimalkan kondisi kulit di sekitar area mata dengan memanfaatkan produk eye treatment yang berkualitas. Pilih produk yang mampu menghidrasi area kulit sekitar mata sekaligus menjaga area mata dari kerutan dan garis-garis halus. Kalau merasa lelah, ada baiknya Anda memejamkan mata dulu 30 detik – 1 menit, lalu baru kembali beraktivitas.