Tidak Nyaman Dengan Atasan Yang Suka Menggoda? Berikut Tips Menghadapinya!

Tidak Nyaman Dengan Atasan Yang Suka Menggoda? Berikut Tips Menghadapinya!

Informasi Terkini – Memiliki atasan yang ramah dan perhatian kepada para karyawannya tentu merupakan hal yang menyenangkan. Namun bagaimana jika atasan Anda adalah seorang pria dan memberikan perhatiannya secara berlebihan, bahkan cenderung bersikap genit? Tentunya hal ini bisa membuat lingkungan kerja menjadi tidak nyaman, terutama ketika harus berhadapan dengan sang atasan. Jika saat ini Anda tengah menghadapi situasi yang demikian, jangan buru-buru emosi dan mengundurkan diri dari perusahaan, Anda bisa mencoba beberapa cara untuk menghadapi atasan yang genit berikut ini.

1. Jaga jarak

Jaga jarak bukan berarti Anda harus menghindar dari atasan terus menerus. Usahakan hanya berbicara dengan atasan Anda mengenai urusan pekerjaan, hindari untuk melakukan obrolan seputar kehidupan pribadi ataupun hal-hal yang informal. Tak perlu merasa sungkan untuk menolak jika Anda diajak mengobrol panjang lebar, Anda bisa beralasan jika masih banyak pekerjaan yang perlu dikerjakan. Jika memang harus berhadapan dengannya, pastikan Anda menjaga jarak. Bila atasan mencoba mendekatkan diri, maka sebaiknya Anda sedikit menjauh darinya. Hal ini bisa memberikan tanda jika Anda merasa tidak nyaman jika mengobrol terlalu dekat.

2. Tidak perlu berteman di media sosial

Media sosial biasanya berisikan foto dan video pribadi. Jika Anda memiliki atasan yang sering menggoda dan cenderung genit, besar kemungkinan ia akan mencari tahu akun sosial media Anda, dan melihat kehidupan Anda di luar pekerjaan. Untuk menghindari hal ini, lebih baik Anda tidak berteman dengan atasan di media sosial. Atau jika perlu, sebaiknya Anda lebih dulu mencari akun atasan dan memblokirnya.

3. Perhatikan bahasa tubuh Anda

Tentu Anda pernah mendengar pepatah yang mengatakan "tidak akan ada asap jika tidak ada api”. Mungkin selama ini Anda tidak sadar telah ‘membuka pintu’ bagi atasan untuk menggoda Anda. Maka, coba perhatikan kembali sikap, bahasa tubuh, cara Anda berbicara pada atasan. Bisa jadi ada beberapa hal yang tidak Anda sadari ternyata "mengundang” atasan untuk bersikap genit. Anda juga perlu mengevaluasi kembali cara Anda menanggapi godaan darinya, bisa jadi selama ini Anda memberikan reaksi yang abu-abu sehingga membuat atasan merasa tidak terganggu untuk terus melakukan hal tersebut. Tak ada salahnya untuk bersikap tegas dan tunjukkan rasa tidak nyaman jika atasan berujar maupun bersikap melewati batas hubungan profesional. Dengan bersikap tegas, Anda tidak hanya menujukkan ketidaksukaan, tapi juga memberi sinyal bahwa Anda bukan orang yang bisa dipermainkan.

4. Tunjukan status hubungan Anda

Jika ketiga hal di atas sudah Anda lakukan namun atasan Anda masih tetap mendekati Anda, tidak ada salahnya untuk mulai terbuka dengan status hubungan yang Anda miliki. Jika sudah memiliki pasangan, Anda bisa menjadikan foto bersama pasangan sebagai profil di akun whatsapp, atau memasang foto pasangan di meja kantor. Dengan begitu atasan bisa tahu jika Anda sudah menjalin hubungan berkomitmen dan tidak tertarik dengannya.

5. Laporkan pada HRD

Apabila keempat cara di atas tidak membuat atasan Anda berhenti menggoda dan mendekati, atau sikapnya sudah melewati batas, langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah membicarakan hal ini kepada bagian personalia atau HRD. Anda bisa mengumpulkan bukti-bukti tentang sikap atasan yang membuat Anda merasa tidak nyaman, dan melaporkannya.